Waspada! Jl Perjuangan-Jl Saladara Rawan Jambret

Jl Perjuangan-Jl Saladara Rawan Jambret.FOTO: KHOIRUL ANWAR/RADAR CIREBON

CIREBON-Tindakan kriminalitas yang terjadi di wilayah Kota Cirebon kembali meresahkan masyarakat. Kali ini, para pengendara yang melintas di Jalan Perjuangan–Jalan Saladara meski lebih waspada. Pasalnya, aksi penjambretan kembali marak. Minimnya lampu penerangan di kedua ruas jalan tersebut membuat daerah ini menjadi rawan aksi kriminalitas.

Baru-baru ini, tepatnya pada Rabu (28/11) sekitar pukul 22.00 WIB, kawanan jambret melakukan aksinya terhadap pejalan kaki yang sedang memainkan ponselnya. Korban yang merupakan seorang remaja perempuan sontak saja berteriak saat ponselnya dirampas oleh dua orang remaja yang berboncengan motor.

Menurut Eni (28), seorang pedagang kelontong di Jalan Saladara, akhir-akhir ini kejadian penjambretan di Jalan Perjuangan–Jalan Saladara sering terjadi. Biasanya jambret akan beraksi saat situasi sedang sepi. Khusunya pada saat maghrib dan setelah pukul 22.00 WIB. “Yang paling sering terjadi di daerah sini. Apalagi pas sepi. Kamis malam (28/11) di sini kejadian pas jam 10-an. Sebelumnya magrib juga pernah,” ungkapnya.

Menurut Eni, Minimnya penerangan jalan membuat daerah tersebut rawan aksi kriminalitas. Dirinya berharap agar di daerah tersebut segera dipasang penerangan jalan umum (PJU) supaya aksi penjambretan bisa segera diminimalisasi.

“Memang di sini kan jalanya sepi. Jarang ada yang keluar kalau malam. Penerangan jalan lampu lampunya mati. Kalau tidak ada lampu dari saya, daerah di sini nggak terang,” jelas Eni yang biasa berjualan 24 jam tersebut.

Warga lain, Ahmad  Adi (28) menuturkan, sebelumnya, kawanan jambret juga berhasil merampas ponsel milik ibu-ibu pengendara motor. Peristiwa itu juga terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Tak jauh dari Perumahan Nuanasa Majasem.

Modusnya adalah dengan memepet motor korban kemudian merampas ponsel korban kemudian  menendang jatuh motor korban yang saat itu sedang dibonceng anaknya. Melihat korbanya terjatuh, pelaku langsung kabur ke arah sumber.

Warga setempat yang melihatpun langsung mengejar. Namun sayangnya, pelaku tidak berhasil diamankan. “Kalau malam memang sepi banget. Sudah jarang ada yang lewat. Jadi kita yang sering lewat juga jadi harus lebih waspada. Yang penting jangan main handphone saat naik motor,” ujar Adi warga setempat. (awr)

Berita Terkait