Warung Pinggir Jalan di Desa Lurah Terbakar, Motor, Kulkas, dan TV Hangus

Kebakaran
Masyarakat membersihkan puing-puing pascakebakaran di sebuah warung makan di Desa Lurah, Kecamatan Plumbon.FOTO:CECEP NACEPI/RADAR CIREBON

CIREBON-Kobaran api membakar habis sebuah warung  makan di pinggir Jl Pangeran Antasari, Desa Lurah, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Senin dini hari (13/1) sekitar pukul 00.25. Bangunan warung dan isinya ludes dilalap api. Untungnya, tidak sampai ada korban jiwa.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Cirebon, api tiba-tiba muncul dari kamar belakang rumah makan tersebut. Dua karyawan perempuan yang sedang tidur pun tersentak karena panas. Keduanya langsung lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri sekaligus meminta pertolongan.

“Warung makan ini milik warga Kuningan, namanya tidak tahu. Saat kejadian, api muncul dari kamar belakang, kemudian dua karyawan perempuan yang ada di dalam keluar untuk menyelamatkan diri. Untung mereka  cepat keluar karena api dari belakang. Mereka lari nangis dan teriak meminta tolong sehingga warga bangun dan memberikan pertolongan,” ujar pengurus  RT setempat,  Karyono (48).

Karyono mengaku pihaknya tidak tahu persis kejadian awal. Karyono yang lokasi rumahnya tepat di belakang rumah makan itu juga baru mengetahui kejadian itu saat api sudah besar dan melahap bangunan yang terbuat dari kayu tersebut. “Kami tahu setelah dibangunkan oleh tetangga. Api sangat besar. Kami khawatir menyebar jadi langsung mencoba memadamkan api dengan alat dan air seadanya. Untungnya tidak lama setelah itu 3 unit mobil pemadam kebakaran datang,” tuturnya kepada Radar Cirebon saat ikut membersihkan puing-puing sisa kebakaran kemarin.

Menurut Karyono, setelah api berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar Kabupaten Cirebon, semua isi warung diketahui ludes terbakar. Seperti kulkas, TV, motor, dan berbagai alat lainnya yang ada di dalam. “Semua prabotan didalam ludes terbakar. Kerugian, belum bisa ditaksir,” ujarnya sembil mengumpulkan puing-puing bekas kebakaran.

Sementara Kasi Tanggap Darurat Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon Eno Sujana mengatakan tim dari Pos jaga Weru menerima informasi adanya kebakaran warung makan itu sekitar pukul 00.30. Saat itu juga pihaknya mengerahkan mobil pemadam kebakaran dari Weru dan Sumber.

“Kita melakukan pemadaman dibantu dengan aparat desa dan masyarakat setempat. Api diketahui oleh warga sudah membesar, melahap bangunan kayu dan material lainnya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Api berasal dari mananya, kami belum mengetahuinya,” pungkas Eno. (cep)

Berita Terkait