Warga Singapura Kesulitan Cari Kerja, Salahkan Imigran

singapura-protes
ANTI IMIGRAN: Warga Singapura melakukan demonstrasi besar-besaran untuk memprotes kebijakan negara terhadap imigran. FOTO: REUTERS

SINGAPURA – Warga Singapura terkenal sangat jarang mengekspresikan aspirasi mereka lewat aksi massa. Namun, Minggu (2/11) kemarin, sekitar 400 warga Negeri Singa berkumpul untuk memprotes kebijakan negara terhadap imigran.

“Sudah saatnya warga Singapura bangkit memperjuangkan hak kalian untuk mendapat penghidupan layak di negeri sendiri,” ujar organisator aksi Gilbert Goh di akun Facebook-nya.

Sekitar 40 persen dari 5,7 juta manusia yang tinggal di Singapura adalah orang asing. Sejak beberapa tahun terakhir sebagian warga asli menyalahkan para pendatang atas makin sulitnya mendapat pekerjaan, rumah dan pendidikan.

Pada Pemilu 2011 lalu, partai penguasa, People Action Party, mendapat perolehan suara terburuk sejak Singapura merdeka. Isu imigrasi diyakini sebagai salah satu penyebabnya.

“Kita harus selalu mengacu pada slogan ‘Singaporean-first’ dan lapangan kerja wajib diberikan kepada warga lokal dulu sebelum kita mempertimbangkan memberikannya kepada asing,” tutur Goh.

Singapura akan kembali menggelar pemilu legislatif tahun depan. Imigran diprediksi akan jadi salah satu isu menentukan dalam ajang tersebut. (reuters/dil/jpnn)

Berita Terkait