Walikota Optimis Nataru di Kota Cirebon Aman

Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH

CIREBON-Perayaan Natal dan Tahun (Nataru) diharapkan berlangsung kondusif di Kota Cirebon. Pemerintah juga sudah melakukan koordinasi, bahkan Walikota, Danlanal Cirebon, Dandim, Kapolres Cirebon Kota melaksanakan teleconference dengan Kapolri, Panglima TNI hingga Menkopolhukam.

Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH yakin, pelaksanaan Nataru di Kota Cirebon berlangsung aman. Dalam teleconference juga telah diinstruksikan bagaimana agar Natal dan Tahun Baru bisa berjalan asyik, nyaman dan damai. “Kami  di jajaran Forkopimda diperintahkan koordinasi antar instansi baik secara vertikal, sipil maupun TNI Polri,” katanya.

Pemerintah daerah, kata dia, diperintahkan melakukan upaya pencegahan dini secara maksimal dan masif dari kemungkinan timbulnya radikalisme dan kemungkinan munculnya gangguan ketertiban pada saat menjelang natal dan tahun baru.

“Secara teknis kepolisian masih terus berlangsung rapat internal di pimpinan masing-masing,  dan kami siap koordinasi dengan berbagai instansi mewujudkan Natal yang damai tanpa harus kemudian mencederai kearifan lokal Cirebon,” kata dia.

Walikota menjelaskan, instruksi dalam teleconference tersebut berlaku bagi seluruh penyelenggara pemerintahan se-Indonesia. Di Kota Cirebon sendiri, rencananya akan dilaksanakan Tabligh Akbar malam tahun baru.

Pengurus Al Bahjah juga sudah bersilaturahmi kepada dirinya untuk menyelenggarakan kegiatan di Alun-alun Kejaksan. Akan tetapi karena kondisi alun-alun masih direnovasi, diarahkan ke Gedung BAT. Ternyata perkembangan terbaru lokasinya di areal Masjid Raya At Taqwa. “Yang pasti bahwa di manapun kegiatan itu, utamanya bisa berjalan tertib,” katanya.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polres Cirebon Kota (Ciko) akan mengantisipasi titik rawan kepadatan lalu lintas. Juga potensi membeludaknya pengunjung ke Kota Cirebon. Terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Beberapa titik kepadatan di dalam kota yang diantisipasi adalah di sekitar pusat perbelanjaan, destinasi kuliner dan objek wisata. Selain itu, persimpangan utama menjadi perhatian seperti, Jl Brigjen Dharsono (By Pass) dengan Jl Pemuda, Jl Kesambi Raya-Kanggraksan, Jl Ciremai Raya-Jl Rajawali Raya.

Kepala Dishub Kota Cirebon Ir H Yoyon Indrayana MT mengatakan, dishub akan berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota. Diharapkan, pengamanan yang optimal dapat mendukung kelancaran lalu lintas baik di masa Natal dan Tahun Baru. “Untuk Natal dan Tahun Baru, itu nantinya Dishub tidak akan sendiri. Karena akan bersinergi dengan pihak kepolisian juga tentunya untuk mengatur arus lalu lintas,” ujar Yoyon.

Yoyon melanjutkan, beberapa yang menjadi perhatian dishub adalah titik kemacetan selama musim arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru. Personel akan disiagakan di setiap persimpangan yang kerap mengalami  kepadatan. Rekayasa lalu lintas juga akan disiapkan. (abd)

Berita Terkait