Wajahnya Jelas, Pelaku Pencurian Motor Terekam Kamera CCTV, Tinggal Diciduk

Irfan memperlihatkan pelaku saat aksi mencuri sepeda motor. INZERT: Wajah pelaku terekam jelas melalui kamera CCTV.FOTO: CECEP NACEPI/RADAR CIREBON

CIREBON-Pelaku pencurian motor yang satu ini mungkin kini sedang tidak tenang. Aksinya terekam jelas kamera CCTV. Wajahnya pun sudah tersebar luas melalui media sosial. Ia beraksi di Blok Karanganyar, Desa Jungjang, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

Data yang dihimpun Radar Cirebon, pencurian motor itu terjadi Rabu siang (4/12) sekitar pukul 14.31 WIB. Berawal pelaku dua orang dengan mengendarai motor Honda Beat tanpa nopol mendatangi rumah Kamal di Blok Karanganyar, Desa Jungjang.  Dalam rekaman kamera CCTV, pelaku tampak berpura-pura sedang menelepon seseorang. Itu merupakan modus agar bisa memantau situasi sekitar TKP.

“Dua pelaku umur sekitar 20 tahun. Yang ngambil motor pria bertato, satunya lagi di motor memantau sekitar lokasi kejadian. Dua pelaku itu ternyata sudah mantau sebelumnya, mereka bolak-balik. Kemudian berhenti, menunggu sepi, lalu satu pelaku itu turun dan menuju gerbang dan membuka pagar dengan cara mengangkat dan mendorong pagar itu,” kata HRD Mahasiswa Preneur, Irfan (27).

Awalnya, kata Irfan, pelaku hendak mengambil motor Honda Scoopy. Tapi, tampak susah. Pelaku pun bergeser ke motor Honda Vario nopol E 2280 JG milik Falah Azhari (24) warga Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Hanya selang beberapa detik, pelaku berhasil merusak kunci kontak dan menyalakan motor. Ia kemudian mendorong motor dan langsung kabur.

“Kalau korban memang setiap hari ke sini (rumah tempat kejadian, red). di sini wadah kreatif mahasiswa. Korban saat kejadian tidak tahu dan tidak mempunyai firasat apa pun. Itu motor cash, kerugian korban ditaksir sekitar Rp20 juta,” jelas Irfan kemarin.

Ternyata, sebelum motor milik Falah Azhari hilang, sudah terjadi 3 kali percobaan pencurian dalam waktu sebulan di lokasi yang sama. Aksi-aksi tersebut gagal karena ada CCTV yang merekam semua aktivitas di luar. “Kurang dari sebulan sudah ada tiga kali percobaan pencurian sepeda motor di tempat ini. Berbagai macam modus. Ada yang sudah membuka gerbang, keburu ketahuan kita. Saat kita teriak dia langsung kabur,” ungkap Irfan.

Selain itu, ada pula yang hanya pegang pagar. Pihaknya curiga lantaran pelaku lama memantau rumah. Saat pihaknya keluar, pelaku bergegas kabur. Yang ketiga kali, ada pula yang foto-foto lokasi dan pelaku berpura-pura menelepon. ”Sebelum kejadian, dalam kurun kurang dari satu bulan udah 3 kali percobaan dan kali ini baru pelaki berhasil,” katanya.

Sementara itu, dikatakan korban Falah Azhari, dirinya tidak mengetahui aksi pelaku lantaran sedang fokus melakukan aktivitas di dalam ruangan. Falah Azhari mengaku mengetahui kehilangan motornya pada waktu magrib saat dia hendak pulang ke rumah.

Dia kaget melihat motor miliknya tidak ada di tempat semula. “Pas saya mau pulang, motor hilang. Saya cek tombol yang ada di kunci, biasanya bunyi. Tapi, kali ini gak bunyi. Karena penasaran, akhirnya saya melihat CCTV. Ternyata motor sudah ada diambil jam 14.30 WIB,” kata korban saat ditemui Radar Cirebon, Kamis (5/12).

Mengetahui motornya dimaling, korban pun melapor ke Mapolsek Arjawinangun. “Ya saya langsung ke Polsek Arjawinangun saja Mas. Karena mencari juga malingnya pasti sudah jauh. Terus dengan polisi, kita ke sini lagi (lokasi kejadian, red) olah TKP dan polisi sudah melihat rekaman CCTV,” tuturnya.

Sementara Kapolsek Arjawinangun Kompol Sukhemi saat dikonfirmasi Radar Cirebon mengatakan kasus tersebut masih dalam penyelidkannya. “Korban sudah melapor dan kini dalam penyelidikan anggota kami. Rekaman CCTV tentu akan membantu kami untuk segera menangkap pelaku,” kata kapolsek. (cep)

Berita Terkait