Waduk Situ Bolang Kering Kerontang

KERING: Kondisi Situ Bolang mengering dan dimanfaatkan untuk menggembala kambing.FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Dampak kekeringan yang melanda Kabupaten Indramayu memang cukup dirasakan masyarakat. Pasalnya, persediaan air kian menipis akibat tak kunjung turun hujan. Mulai dari sektor pertanian, persediaan air bersih, hingga air minum untuk konsumsi.

Ribuan hektare lahan persawahan puso akibat tak dapat pasokan air. Masyarakat juga harus susah payah mencari persediaan air bersih karena sumurnya mengering. Kejadian kekeringan setiap tahunnya selalu melanda Kabupaten Indramayu.

Kekeringan di Kabupaten Indramayu juga berpengaruh terhadap sektor pariwisata yang ada di wilayah selatan Indramayu. Situ Bolang yang berada di Kecamatan Cikedung, saat ini kondisinya kering kerontang.

Di sekitar dasar Situ Bolang telah ditumbuhi rerumputan hijau. Kondisi ini pun dimanfaatkan untuk menggembala kambing. “Kalau lagi surut rumputnya banyak,” kata salah seorang penggembala yang mengaku bernama Warno kepada Radar Indramayu.

Ia mengaku hampir setiap hari menggembala kambing di kawasan Situ Bolang. Surutnya situ memang berkah tersendiri bagi para penggembala karena tak perlu jauh-jauh mencari sumber makanan untuk hewan ternak mereka.

Surutnya Situ Bolang membuat pengunjung bubar. Perahu tradisional yang biasa mengangkut wisatawan pun teronggok begitu saja. Biasanya perahu itu digunakan pengunjung untuk berkeliling mencari ikan yang ada di Situ Bolang. Keberadaan situ memang cukup vital bagi warga setempat.

Sementera menurut Toidin salah seorang warga, surutnya situ memang sudah terjadi sejak lama. “Kalau nggak salah air surut sejak bulan Juni 2019 ini,” ungkapnya.

Menurut warga, baru tahun ini saja Situ Bolang surut sekali tak ada airnya. Tak heran untuk sementara waktu ini warga yang hendak berkungjung ke Situ Bolang mengurungkan niatnya karena situ masih kering.

Informasi yang diperolah, Situ Bolang memiliki luasan 30 hektare dan bisa menampung air hingga 7,5 juta meter kubik. Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat mengatakan, Situ Bolang memang menjadi salah satu tujuan wisata air di Kabupaten Indramayu.

Selain Situ Bolang, warga pun bisa berwisata ke kawasan agrowisata untuk petik buah sendiri, yang lokasinya tidak jauh sari Situ Bolang. Konsep wisata semecam ini memang masih minim di Kabupaten Indramayu.

Untuk mengakses situ memang butuh perjuangan karena letaknya yang cukup jauh dari wilayah Kota Indramayu. Belum lagi sebagian jalan yang mengarah situ kondisinya rusak, sehingga harus ekstra hati-hati. (oet)

 

Berita Terkait