UMKM Harus Naik Kelas, Go Modern dan Go Global

BRI Kartini Beri Pelatihan pada Ratusan UMKM

Kepala BKD Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi memukul gong tanda dimulainya pelatihan UMKM, kemarin, didampingi Pimpinan Cabang BRI Cabang Cirebon Kartini Moh Harsono (dua kanan), Manager Operasional BRI Kanca Cirebon Kartini Farianzi (dua kiri) dan para pemateri.FOTO:OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Menyambut HUT ke-124 BRI, digelar pelatihan 10.000 UMKM di 100 kota terpilih di Indonesia. Di Cirebon, BRI Cabang Cirebon Kartini yang dipilih menjadi penyelenggaranya. Sebanyak 100 UMKM diberikan pelatihan Pendidikan Administrasi dan Manajemen Keuangan, Enterpreneurship, Akses Perbankan dan E-Commerce, kemarin (26/11), bertempat di Aston Cirebon Hotel.

Pimpinan Cabang BRI Cabang Cirebon Kartini Mohamad Harsono mengatakan dalam pelatihan ini BRI mengajak para pelaku UMKM untuk Go Modern. Dimulai dari produk yang harus memiliki packaging menarik hingga perbaikan kualitas produk.

Sehingga saat Go Digital, tak lagi memerlukan tempat banyak karena melalui digital pangsa pasar akan lebih luas. Dalam hal ini pelaku UMKM diharuskan memiliki ilmu mengambil foto, video, dan membuat caption untuk memasarkan produknya di platform digital.

“Setelah itu semua dimiliki, barulah mereka bisa Go Online dengan menjual produknya di berbagai marketplace dan media sosial. Semakin banyak barang yang mereka upload, semakin banyak pula produk mereka yang bisa dilihat secara online dan bisa Go Global,” terangnya.

Harsono menuturkan, perkembangan UMKM di wilayah kerja BRI Cabang Cirebon Kartini cukup bagus. Setiap tahunnya rata-rata peningkatan jumlah nasabah debitur sebesar 15%. Untuk tahun lalu, jumlah nasabah debitur bertambah 2200.

Sedangkan total nasabah debitur saat ini ada 31.640 UMKM. “Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menaikkan kelas para pelaku usaha, yang masih di ultra mikro naik ke mikro dan menuju UMKM. BRI tentunya selalu hadir untuk mendukung kemajuan UMKM,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala BKD (Badan Keuangan Daerah) Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh BRI Cabang Cirebon Kartini. Pihaknya juga turut bangga Cirebon bisa menjadi kota yang dipilih untuk pelatihan ini.

Ia berharap pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini bisa berhasil dan pada akhirnya turut memajukan perekonomian di Cirebon, dan bahkan Indonesia. “Kami juga berharap BRI yang memiliki reputasi sebagai bank ekonomi kerakyatan bisa terus menggandeng UMKM terutama dalam akses perbankan,” tandasnya. (apr)

Berita Terkait