Turnamen Futsal Piala AFKC Resmi Dimulai

Pemain Neper King B mendapat apresiasi dari suporter mereka usai menundukan SMAN 4 Kota Cirebon di Sport Hall Bima, Jumat (6/12).FOTO: TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBON

CIREBON-Turnamen futsal Piala Asosiasi Futsal Kota Cirebon (AFKC) 2019 resmi digelar. Tim futsal putra SMAN 1 Kota Cirebon berpesta gol pada laga pembuka. Berlangsung di Sport Hall Bima, Jumat siang (6/12) Smansa -sebutan SMAN 1 Kota Cirebon- menaklukkan SMAK Santa Maria enam gol tanpa balas.

Diperkuat kiper Bhayangkara FC U-18, Sechansyah Owen, Smansa tampil penuh percaya diri di laga perdana. Kehadiran pemain yang membawa Bhayangkara juara Elite Pro Academy (EPA) Liga-1 U-18 2019 di bawah mistar gawang memberi energi positif bagi performa anak asuh Yudhi Permana.

Owen sendiri berhasil mencetak satu gol. Lima gol Smansa lainnya masing-masing dicetak Arfan (2 gol), Fachri (2 gol) dan satu gol dari Sabily. “Kemenangan ini menjadi modal berharga buat kami. Walau demikian, saya harap anak-anak tidak cepat puas. Lawan kita berikutnya pasti lebih berat,” kata Yudhi.

Di pertandingan lain, tim futsal putra SMKN 1 Kota Cirebon B menundukkan SMAN 4 Kota Cirebon. Neper King -sebutan tim futsal SMKN 1 Kota Cirebon- sempat tertinggal lebih dulu. Baru pada babak kedua, pasukan Rifqi Qori Hidayat berhasil comeback dan unggul 5-3 di akhir laga.

Fresi Loudri Avero, Anhar dan Yahya masing-masing mencetak satu gol bagi Neper King. Dua gol lainnya dicetak oleh Dafa Ahmad. Sementara itu, SMAN 4 Kota Cirebon unggul lebih dulu lewat dua  gol yang dicetak Rifaldo. Di babak kedua hanya menambah satu gol dari Andika.

Rifqi Qori Hidayat memuji performa anak asuhnya. Rifqi sempat ketar-ketir saat timnya tertinggal dua gol di babak pertama. “Bersyukur anak-anak mampu bermain lebih baik setelah jeda untuk comeback di babak kedua,” ujarnya.

Sementara itu, Piala AFKC 2019 dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas CIC, Dr Chandra Lukita. Upacara pembukaan dihadiri pula oleh Ketua Asosiasi Kota (Askot) PSSI Cirebon, Edi Suripno, Wakil Ketua KONI Kota Cirebon, Eka Madya dan Kabid Olahraga DKOKP  R Agus Setiadiningrat.

Chandra Lukita mengatakan, Piala AFKC sudah semestinya menjadi ajang bagi talenta-talenta muda yang kelak akan menjadi andalan Kota Udang. “Prestasi tidak mungkin dicapai dengan instan. Ada proses panjang yang harus dilalui. Kejuaraan ini bagian pentingnya, sebelum pembinaan lebih lanjut oleh AFKC,” ujar pria yang juga eks Ketua Umum KONI Kota Cirebon. (ttr)

Berita Terkait