Tuntut Perbup Kesejahteraan Honorer

Besok, Guru Honorer Rencana Datangi Pemkab Cirebon

honorer
Ilustrasi. Foto: JawaPos.com

CIREBON – Para guru honorer meminta Pemkab Cirebon segera mengeluarkan Peraturan Bupati Cirebon tentang kesejahteraan guru honorer. Rencananya, Selasa besok (3/12) para guru honorer akan berunjuk rasa di Pemkab Cirebon.

Ketua Forum Honorer Pendidik dan Tenaga Kependidikan (FHPTK) Kabupaten Cirebon, Sholeh Abdul Gofur kepada Radar Cirebon mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan perbup tentang kesejahteraan guru honorer di Kabupaten Cirebon belum terbit. “Kami sudah terima Perda tentang kesejahteraan guru honorer. Namun harus dilanjutkan dengan adanya perbup tentang kesejahteraan guru honorer,” ujarnya kepada Radar Cirebon, kemarin (1/12).

Adanya Perda dan Perbup tentang kesejahteraan guru honorer, menurut Sholeh, akan bisa meningkatkan kesejahteraan guru honorer. Karena, saat ini kesejahteraan guru honorer sangat dikesampingkan oleh pemerintah. “Gaji guru honorer itu sangat tidak manusiawi. Sehingga kami ingin memanusiakan manusia. Karena selama ini, kami merasa keberadaan guru honorer masih sangat dikesampingkan,” tuturnya.

Oleh karena itu, pihaknya mendesak agar Bupati Cirebon segera mengeluarkan perbup Dengan adanya perda dan perbup, tentu akan menjadi dasar hukum yang bisa meningkatkan kesejahteraan guru honorer.

“Kami akan melakukan aksi unjuk rasa agar bupati segera mengeluarkan perbup kesejahteraan honorer,” tegasnya.

Terpisah, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg kepada Radar Cirebon mengatakan, pihaknya akan membahas perbup kesejahteraan guru honorer secepatnya. “Nanti kita akan bahas dengan pihak terkait,” ujarnya.

Mantan kepada Kemenag Kabupaten Cirebon ini mengungkapkan, kesejahteraan guru honorer termasuk dalam program dirinya sebagai bupati. “Saya nanti akan bahas sekaligus dengan program-program lainnya. Sehingga mudah-mudahan bisa diterapkan secepatnya,” ungkapnya. (den)

 

 

Berita Terkait