Tumpukan Sampah Sumbat Gorong-gorong di Mertapada Wetan

MENUMPUK: Sampah dan ranting pohon terlihat menumpuk di gorong-gorong Sungai Agung di Desa Mertapada Wetan. Warga resah karena sampah tersebut dikhawatirkan menjadi penyebab banjir.FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON – Gorong-gorong di Sungai Agung Desa Mertapada Wetan, tertutup tumpukan sampah dan ranting pohon. Kondisi tersebut jelas membuat warga khawatir. Karena sampah-sampah itu akan menghambat laju air dan menjadi penyebab banjir.

Salah seorang warga yang ditemui Radar Cirebon, Nuryanti mengatakan, sampah-sampah dan ranting yang hampir menutup gorong-gorong di bawah jalan penghubung Lemahabang-Pangenan tersebut, terjadi saat hujan besar yang membuat debit air Sungai Agung naik drastis.

“Pas debit sungai naik sih gak terlalu terlihat. Pas surut baru kelihatan banyak sampah dan ranting nyangkut. Posisinya hampir menutup gorong-gorong, Kejadiannya 3 atau 4 hari yang lalu,” ujarnya, kemarin (3/1).

Sampah dan ranting tersebut, menurut Nur, berasal dari wilayah hulu yang terbawa arus sungai. Hingga saat ini, belum ada pihak-pihak terkait yang membersihkan atau mengangkut sampah yang menumpuk di lokasi tersebut.

“Kalau pakai manual kayaknya berat. Karena sampahnya banyak sekali. Harus pakai alat berat kayaknya. Kalau yang paling ditakutkan warga ya, nanti sampah-sampah ini jadi penyebab banjir,” imbuhnya.

Selain mengkhawatirkan potensi terjadinya banjir, tumpukan sampah di gorong-gorong tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap. Warga pun resah dengan bau yang menyengat dari tumpukan sampah.

“Yang paling dikhawatirkan tentu akibat banjirnya. Selain itu, baunya yang menyengat itu mengganggu sekali. Banyak pengendara sepeda motor yang kalau lewat itu sambil tutup hidung,” ungkapnya. (dri)

Berita Terkait