Tuban Gempa, di Cirebon Pohon Besar Tumbang Timpa Sepeda Motor

Pohon Besar Tumbang
EVAKUASI: Petugas KPBD mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Pronggol Kota Cirebon. FOTO: KPBD FOR RADAR CIREBON

CIREBON – Pohon besar jenis randu tumbang di Jl Pronggol, Kamis (19/9) sekitar pukul 16.30 WIB. Akibatnya satu unit sepeda motor dilaporkan tertimpa batang pohon.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Karena sepeda motor tersebut hanya diparkir pemiliknya.

Tim Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon, Aji Akbar mengatakan, kejadian pohon tumbang tidak mengakibatkan korban jiwa. Hanya ada satu sepeda motor yang tertimpa. “Sepeda motor itu sedang diparkir pemiliknya. Lalu tertimpa pohon tumbang,” kata Aji, kepada Radar Cirebon.

Menurutnya, penanganan pohon tumbang masih dilakukan. Prioritas utamanya adalah membuka akses jalan menuju tempat pemakaman umum (TPU) Pronggol.

Terkait penyebab pohon jenis randu itu tumbang, Aji menyebut, hasil analisis lapangan menyimpulkan adanya pelapukan akar pohon. Sementara kecepatan angin, saat kejadian hanya terpantau di posisi 14 KM/jam.

Pantauan Radar Cirebon, diameter pohon randu mencapaj 3 meter. Sedangkan panjangnya mencapai 20 meter.

Lokasi kejadian berada di wilayah RT 03, RW 16 Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk. Hingga berita ini ditulis pukul 18.54 WIB, petugas KPBD masih melakukan penanganan di lokasi.

Sementara itu, di Laut Jawa diguncang dua gempa bumi tektonik dengan selisih waktu 25 menit dan jarak episenter 21 KM. Dalam press release BMKG, gempa terjadi sekitar pukul 14.06.31 WIB dan pukul 14.31.59 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=6,1 dan Mw=6,0. Episenter gempa bumi pertama terletak pada koordinat 6,1 LS dan 111,86 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 KM arah timur laut Kota Rembang, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah pada kedalaman 620 KM.

Episenter gempa bumi kedua terletak pada koordinat 6,24 LS dan 111,84 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 KM arah timur laut Kota Rembang, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah pada kedalaman 623 KM. (yud)

Berita Terkait