Tradisi Sapton Meriahkan Hari Jadi Ke-521 Kuningan

Tradisi Sapton
Para penari pangbage menunjukkan kepiawaian tariannya di hadapan bupati dan rombongan beserta masyarakat, menyemarakkan tradisi Sapton dalam rangka Hari Jadi ke-521 Kabupaten Kuningan, Minggu (1/9). Foto: M Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN – Ribuan warga Kuningan memadati lapangan sepak bola Kertawangunan menyaksikan tradisi Sapton dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi (Harjad) ke-521 Kabupaten Kuningan.

Acara Sapton yang digelar usai sidang paripurna istimewa tersebut diawali dengan perjalanan rombongan bupati menaiki kereta kencana menuju lapangan Kertawangunan. Kehadiran bupati disambut tarian pangbage dilanjutkan gelar budaya yang menampilkan kesenian dan potensi dari lima kademangan.

Pada puncak acara tradisi Sapton digelar dua lomba. Yaitu lomba ketangkasan berkuda melempar tombak ke dalam cincin ember berisi air yang tergantung dan panahan tradisional.

Sesuai namanya, tradisi Sapton dulunya merupakan kegiatan hiburan para raja Kuningan di hari Sabtu. Bedanya sekarang, pesertanya masyarakat biasa. Bahkan untuk ketangkasan berkuda pesertanya adalah para kusir delman yang sehari-hari mangkal di sekitar pasar Kuningan.

Selain tradisi Sapton, kemeriahan Hari Jadi Kuningan tahun ini juga akan digelar Pekan Raya Kuningan (PRK) di Terminal Kertawangunan. Selain itu juga digelar tradisi babarit, pacuan kuda tradisional, pagelaran wayang golek dan puncaknya Tour de Linggarjati. (fik)

Berita Terkait