Tingkatkan Kamtibmas, Polres Ciko Luncurkan Program Patroli Cipali dan Gunung Jati

CIREBON-Guna meningkatkan keimanan anggota serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kota Cirebon, Polres Cirebon Kota (Ciko) meluncurkan program Cirebon Patroli Religi (Cipali).

Kapolres Cirebon Kota (Ciko) AKBP Roland Ronaldy menuturkan program Cipali tersebut sudah telah berjalan satu tahun. Dengan tujuan agar anggota melaksanakan patroli kamtibmas sekaligus melaksanakan ibadah lima waktu pada saat melintasi masjid-masjid.

“Tujuannya adalah yang pertama untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan dari masing-masing anggota, kemudian melaksanakan patroli monitoring yang kaitannya dengan tempat ibadah
atau tempat-tempat lain yang memang ada indikasi-indikasi ajaran radikal,” katanya.

Diungkapkan AKBP Roland Ronaldy, Polres Cirebon Kota juga memiliki program Gujung Jati. “Program ini lebih mengedepankan fungsi bhabinkamtibmas. Polisi yang melakukan patroli mencari informasi dari masyarakat apakah ada tempat atau rumah yang memang dicurigai oleh masyarakat ada kelompok atau penyebaran-penyebaran ajaran yang tidak sesuai dengan ajaran Islam,” ungkap Kapolres. (rdh)

Berita Terkait