Terkait 5 Benda Temuan Pemulung, Kapolres Cirebon Kota Pastikan Bom

BOM-CIREBON
DIAMANKAN: Petugas Jihandak Sat Brimob Polda Jabar memeriksabenda diduga granat atau bom yang ditemukan pemulung. FOTO: OKRI RIYANA /RADAR CIREBON

CIREBON – Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) dari Sat Brimob Polda Jawa Barat malam itu juga, (15/6), tiba di lokasi. Mereka memeriksa lima benda misterius menyerupai kaleng minuman bersoda yang ditemukan pemulung di tempat pembuangan sampah (TPS) Sukalila Kelurahan Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Sabtu (15/6) sore.

Sejumlah warga sempat berkerumun di sekitar Mapolres Cirebon Kota. Mereka penasaran dengan temuan tersebut. Mereka juga ingin melihat langsung proses yang dilakukan petugas Brimob. Tak lama, petugas kemudian membawa benda itu ke Mako Brimob.

“Sudah dibawa dan dipastikan itu bom atau bahan peledak. Sekarang masih diperiksa di Mako Brimob dan mau dieksplor di sana,” ucap Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy.

Meski sudah dipastikan itu bahan peledak, namun Roland masih belum mengetahui jenis dan tingkat daya ledak lima bom tersebut. Namun dari ciri-ciri fisik, lima bahan peledak tersebut merupakan dua jenis yang berbeda.

Selain mengamankan bahan peledak, petugas hingga tengah malam masih melakukan pemeriksaan terhadap Yanto dan Andri, pemulung yang menemukan. Petugas juga melakukan olah TKP di lokasi penemuan bom.

Hingga kini, polisi masih menyelidiki temuan bom oleh pemulung. Penyidik juga mendalami motif pembuangan bom di tempat sampah.

“Karena semua orang bisa saja membuang sampah di situ. Yang jelas kita masih penyelidikan dan terus kita dalami. Kita juga melakukan antisipasi dengan adanya temuan ini,” tutur Roland. (day)

Berita Terkait