Tempat Wisata Purwakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Sumber foto: http://www.instagram.com/mira.andriana

MUNGKIN sebagaian dari Anda sering tertukar penyebutan antara Purwakarta dan Purwokerto. Kedua kota tersebut ada dalam regional yang berbeda, Purwakarta ada di Jawa Barat dan Purwokerto ada di Jawa Tengah. Anda ingin berkunjung kesana? Kemaslah berbagai keperluan Anda, bus putra pelangi Traveloka sebagai moda transportasi yang siap mengantarkan Anda ke Purwakarta.

Berbicara mengenai Purwakarta, banyak sekali potensi wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga atau bahkan teman Anda. Kota yang terletak di sebelah timur Jakarta dan berjarak sekita 80 km ini memang menyajikan banyak sekali destinasi wisata menarik.

Sebutlah beberapa spot wisata yang terkenal seperti Waduk Jatiluhur di mana Anda dapat melakukan berbagai aktivitas outdoor seperti dayung, ski air, bahkan perahu layar. Bagi Anda yang tengah mencari destinasi wisata untuk disambangi saat liburan, Purwakarta dapat menjadi opsi terbaik bagi Anda yang ingin menggunakan transportasi bus putra pelangi.

Goa Jepang dan Belanda
Goa yang dibangun pada pada 1942 oleh rakyat pribumi secara paksa ini dapat menjadi alternatif wisata edukasi bagi keluarga Anda. Selain Goa Jepang, Anda dapat bergeser sedikit ke Goa Belanda yang letaknya hanya 800 meter dari Goa Jepang. Goa yang dibangun pada 1941 ini awalnya berfungsi sebagai penghubungan PLTA, namun beralih fungsi menjadi stasiun radio militer Hindia Belanda.

Giri Tirta Kahuripan
Ingin merasakan nuansa liburan romantis? Mungkin Giri Tirta Kahuripan adalah jawaban yang tepat bagi Anda. Selain romantis, wisata ini dapat dinikmati bersaa keluarga besar karena banyak sekali wahana yang dapat memfasilitasi keluarga dan anak Anda. Hawa sejuk pegunungan sontak membalut teduh rasa berlibur Anda bersama keluarga atau pasangan.

Waduk Jatiluhur
Destinasi ini merupakan spot paling populer di Purwakarta. Muara sungai Citarum yang seluas 8 ribu hektare ini menawarkan banyak sekali sarana rekreasi dan olahraga air yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke sini. Selain itu, Anda dapat berkemah, menyewa bungalow, memancing, dan menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar waduk.

Air Mancur Sribaduga Situ Buleud
Purwakarta memang dikenal sebagai kota yang memiliki banyak situ indah, salah satunya ialah Situ Beleud. Destinasi ini menyajikan pemandangan indah berupa Air Mancur Sribaduga yang telah dilengkapi dengan permainan cahaya dan varasi gerakan yang diiringi alunan musik. Anda dapat menikmati pemandangan ini pada Sabtu malam pukul 20.00-22.00.

Situ Wanayasa
Destinasi wisata alam berbentuk danau kecil ini dapat menjadi pilihan Anda untuk dikunjungi. Memiliki luas sekitar 7 hektare, Situ Wanayasa menyajikan pemandangan indah yang tidak dapat Anda lewatkan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati beberapa fasilitas permainan dan hiburan lainnya di danau yang memiliki pulau di tengahnya ini.

Jatiluhur Water World
Objek wisata ini ialah taman air yang bertema air dan memiliki berbagai wahana seluncuran di mana keluarga Anda dapat menikmati fasilitas tersebut sebagai wadah hiburan. Selain seluncuran, Anda juga dapat menikmati wahana Water Bucket dan Bungee Trampolin sebagai wahana pemicu adrenalin.

Desa Sajuta Batu
Bagi Anda yang tengah mencari destinasi liburan pemicu adrenalin, Desa Sajuta Batu dapat menjadi jawaban tepat bagi Anda. Kawasan wisata yang terlatak di desa Pesanggrahan ini menyajikan banyak kegiatan outdoor yang dapat Anda ikuti seperti offroad, panjat tebing, dan memancing.

Keramik Plered
Jika Anda sedang berada di Purwakarta, maka Anda jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Keramik Plered di Desa Anjun. Di tempat ini Anda dapat menemukan berbagai kerajinan keramik seperti gerabah atau terakota. Anda juga dapat membeli kerajinan tersebut yang telah menjadi barang langganan ekspor ke mancanegara ini.

Sumber Air Panas Ciracas
Di tengah padatnya aktivitas berlibur Anda, mungkin salah satu destinasi ini dapat menjadi pilihan alternatif Anda untuk menghilangkan rasa lelah. Mandi di sumber air panas tersebut dipercaya dapat menghilangkan rasa pegal dan linu. Selain itu, air panas tersebut juga dipercaya sebagai obat bagi penyakit kulit, rematik, dan juga sakit sendi.

Waduk Cirata
Waduk Cirata menyajikan panorama indah yang wajib Anda sambangi. Waduk ini memiliki genangan air terbesar di tiga kabupaten. Keberadaan waduk ini, masyarakat setempat dapat menikmati berbagai sumberdaya seperti PLTA. (*)

Berita Terkait