Taufik: Sejatinya Guru Tidak Pernah Dapat Digantikan Teknologi

HARI-GURU-NASIONAL-INDRAMAYU
CERIA: Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat menyalami para guru usai upacara Peringatan Hari Guru dan HUT ke-74 PGRI, Senin (25/11). FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Peran guru sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru adalah kunci mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul. Guru lah sebagai episentrum perubahan tersebut.

“Begitu vitalnya peran guru. Jadi sudah seharusnya perhatian terhadap guru menjadi sangat penting mulai dari pemenuhan kebutuhan guru, profesionalisme, kesejahteraan, pelatihan, hingga perlindungannya,” kata Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat ketika menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-74 PGRI, Senin (25/11), di Alun-alun Indramayu.

Taufik mengatakan, kemajuan teknologi, komunikasi, dan informasi sangat cepat dan tidak dapat diduga. Kemajuan ini membawa dampak positif dan negatif secara beriringan dalam kehidupan masyarakat tidak terkecuali dalam proses pembelajaran di sekolah.

Untuk itu, sambung Taufik, dibutuhkan komitmen terhadap pentingnya literasi. Utamanya literasi digital bagi guru, siswa, dan orang tua.

“Mari kita bangun kesadaran bersama bahwa ruang kelas bukan lagi satu-satunya ruang untuk belajar, dan guru bukan lagi satu-satunya sumber informasi dan ilmu pengetahuan,” tegas Taufik.

Menurutnya, pergeseran peran guru di era digital sebagai fasilitator pembelajaran yang menarik, menantang rasa ingin tahu siswa. Sehingga terdorong untuk menjadi pembelajar mandiri sepanjang hayat. Hal inilah, yang harus terus menerus ditanamkan dan menjadi kesadaran bagi guru dalam menjalan tugas utamanya sebagai pendidik dan pengajar.

“Betapa pun majunya teknologi dengan segala turunannya, sejatinya guru tidak pernah dapat digantikan teknologi. Hal ini mengandung makna bahwa guru profesional dan berintegritas akan terus menjadi isu global dan menjadi perhatian dunia tak terkecuali Indonesia,” katanya.

Pada momentum Hari Guru dan HUT PGRI tersebut, seusai upacara Plt Bupati Indramayu langsung turun dari mimbar dan menuju ke peserta apel untuk menyalami serta memberikan ucapan selamat dan terima kasih kepada para guru-guru di Kabupaten Indramayu.

“Apa yang dilakukan oleh Pa Taufik sangat luar biasa, beliau turun dari panggung dan langsung memberikan ucapan selamat kepada para guru yang hadir. Ini keren dan beliau sangat perhatian,” kata Suwarno, salah seorang guru. (oet)

Berita Terkait