Target 1.400 Hektar, Hanya 400 Hektar yang Sudah Tanam

MULAI TANAM PADI: Sejumlah petani di Kabupaten Cirebon mulai menanam padi. Dari target 1.400 hektar di bulan November, baru 400 hektar saja yang sudah ditanami padi.FOTO: ILMI YANFA UNNAS/RADAR CIREBON

CIREBON – Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon meminta para petani agar segera melakukan penanaman ketika hujan mulai tiba. Dikhawatirkan, jika lambat menanam, maka akan berbenturan dengan cuaca ekstrim.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Dr H Ali Effendi MM mengatakan, musim kemarau ini sangat lama. Hingga saat ini, curah hujan masih sedikit, walaupun sudah bulan Desember. “Saya sudah minta kepada petani, jika sudah mulai hujan, segera langsung nanam. Jangan dinanti-nantikan,” ungkapnya, kemarin (8/12).

Ali membeberkan,  bulan Januari Februari diprediksi sudah puncak musim hujan. Sedangkan sekarang belum menanam karena hujan masih sedikit. Dengan terhambatnya musim tanam akibat masih sedikitnya curah hujan, maka berimbas pada target bercocok tanam di Kabupaten Cirebon.

“Akhir November kita harusnya sudah mencapai 1.400 hektar sawah yang sudah bercocok tanam. Namun justru baru sekitar 400 hektar saja yang bercocok tanam. Karena memang faktor hujan masih sedikit,” ujarnya.

Namun Ali sangat yakin di bulan Desember ini, banyak sawah yang sudah bercocok tanam. “Kita ingin Desember ini minimal sudah 19 ribu hektar yang sudah bercocok tanam, dari 45 ribu total sawah yang ada di Kabupaten Cirebon,” tuturnya. (den)

Berita Terkait