Tanggul Cimanuk Masih Ambles, Warga Kertasmaya Waswas

Pengerjaan-tanggul-2
Proses perbaikan tanggul Sungai Cimanuk di Blok Rengaspayung Desa Kertasmaya, Kecamatan Kertasmaya, Kabupaten Indramayu, masih terus berlangsung. Warga minta pengerjaan perbaikan lebih maksimal. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Warga Desa Kertasemaya, Kecamatan Kertasmaya, Kabupaten Indramayu, meminta perbaikan tanggul Sungai Cimanuk di Blok Rengaspayung yang ambles bisa lebih maksimal. Pasalnya, meski sudah memasuki dua bulan pengerjaan, tapi kondisi tanggul masih terus mengalami penurunan.

Demikian dikatakan Sekretaris Desa Kertasemaya, Widy kepada Radar Indramayu. Menurutnya, pemerintah desa mendukung sepenuhnya perbaikan tanggul yang ditargetkan selesai selama tiga bulan tepatnya pada Desember itu. Namun, warga waswas karena tanggul yang diperbaiki terus mengalami penurunan.

“Pemdes dan warga sangat berterima kasih kepada semua pihak. Di satu sisi kita semua gembira, tetapi di sisi lainnya warga masih khawatir karena tanggul masih bergerak turun, gak tahu sebabnya apa,” ucap Widy.

Widy mengaku tidak mengetahui penyebab tanggul masih mengalami pergerakan turun, meski sebelum pengerjaaan dilakukan penggalian tanah dilakukan terlebih dulu. Diakuinya, kondisi itu memacu rasa kewaspadaan warga saat musim penghujan.

“Kami hanya bisa berharap begitu pengerjaan selesai tanggul sudah aman, tidak lagi bergerak turun. Saat ini kan masih proses pengerjaan, kami serahkan semua pada ahlinya pihak kontraktor yang lebih paham bagaimana penanganan tepat untuk tanggul ambles,” tuturnya.

Sementara itu, warga terdampak tanggul ambles Nuryaman meminta pada pihak kontraktor lebih maksimal melakukan proses pengerjaan perbaikan tanggul Sungai Cimanuk di Blok Rengaspayung. Karena, kata Nuryaman, tanggul menjadi perlindungan terakhir pemukiman warga dari luapan Sungai Cimanuk saat musim penghujan.

“Jadi perlindungan warga saat Cimanuk meluap adalah tanggul ini. Sebelum ambles jarak luapan air sungai dan tanggul tinggal 20 centimeter lagi. Sekarang ambles, perlindungan beton tanggul hancur, air dengan mudah bisa masuk,” terangnya.

Dikatakan Nuryaman, perbaikan tanggul menjadi harapan bagi semua warga di Blok Rengaspayung terhindar dari bahaya banjir ketika Sungai Cimanuk meluap. “Kami meminta kontraktor lebih maksimal memperbaiki tanggul, karena kaitannya dengan keselamatan warga. Pengerjaan bisa selesai tepat waktu, dan bisa menghentikan amblesnya tanggul,” pungkasnya. (oni)

Berita Terkait