Tahun ini, 336 PNS Kuningan Pensiun

ILUSTRASI

KUNINGAN-Tahun ini, sebanyak 336 Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemerintahan Kabupaten Kuningan pensiun. Bahkan jika dihitung hingga tahun 2023 nanti, jumlah ASN di Kuningan yang akan pensiun mencapai angka 3.373 orang.

“Jumlah PNS yang pensiun tahun ini mencapai 336 orang. Kalau sampai tahun 2023 itu jumlahnya sebanyak 3.373 orang,” kata Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda SH MSi saat dimintai keterangan persnya, Jumat (15/11).

Wabup Edo menjelaskan, dengan jumlah PNS yang cukup banyak akan pensiun, maka solusi yang akan dilakukan yakni dengan membuka rekrutmen CPNS. Bahkan saat ini saja, kebutuhan PNS Kabupaten Kuningan telah diakomodir oleh pemerintah pusat sebanyak 184 formasi bagi CPNS. “Jumlah PNS di lingkup Pemkab Kuningan terus berkurang lantaran banyak yang pensiun. Dan tahun ini ada penerimaan PNS sehingga setidaknya bisa menutupi kekurangan,” ujarnya.

Ditanya terkait kapan rotasi pejabat dilakukan, Wabup Edo mengaku hingga kini belum tahu kapan pastinya akan melakukan rotasi jabatan. “Kalau rotasi kita juga belum dengar kabar, kapan rotasi dilakukan. Mungkin akan diisi jabataan-jabatan yang kosong dulu, agar formasinya dapat tersusun rapi, kalau sudah tersusun rapi, baru dilakukan rotasi,” katanya.

Apakah akan dilakukan open bidding terhadap pengisian posisi kepala dinas yang kosong, dia menegaskan, open bidding dilakukan jika ada pejabat yang akan promosi jabatan dari eselon III ke eselon II. “Jadi untuk open bidding ini yang promosi, kalau dari eselon III mau ke eselon II itu open bidding. Itu juga harus melalui tahapan seperti pelatihan diklat, dan juga pelatihan diklat itu belum tentu lulus semua, kalau lulus baru bisa ditempatkan,” bebernya. (ags)

Berita Terkait