SK Siap, Tinggal Ucap Sumpah Jabatan Pimpinan DPRD Kota Cirebon

ILUSTRASI

CIREBON–Dua hari lagi, Anggota DPRD Fraksi Partai Gerindra, Affiati bakal menduduki tampuk pimpinan DPRD Kota Cirebon. Kamis (26/9), ia akan dilantik sebagai ketua DPRD oleh ketua Pengadilan Negeri Cirebon.

Tidak hanya Affiati, Fitria Pamungkaswati dan M Handarujati Kalamullah S Sos juga akan dilantik sebagai wakil ketua DPRD. Bagaimana kesiapan Affiati menjadi ketua DPRD pertama sepanjang sejarah Kota Cirebon? “Insya Allah saya sudah siap lahir batin,” kata Affiati ditemui Radar Cirebon, Senin (23/9).

Dia mengaku, sudah diberitahu kalau surat keputusan (SK) dari Gubernur Jawa Barat sudah turun dan diterima Bagian Perundang-undangan Sekretariat DPRD. Kemudian tanggal pelantikan juga sudah diagendakan.

Untuk mengemban amanah sebagai ketua DPRD, Affiati meminta doa restu kepada suami, anak anak,  keluarga serta masyarakat Kota Cirebon agar untuk bisa mengemban amanah dengan sebaik baiknya. “Hari ini (kemarin, red) saya menerima demo mahasiswa. Ini pengalaman pertama saya,” kata Affiati.

Dia pun telah mempelajari seluk beluk lembaga legislatif. Juga bertanya kepada anggota dewan yang sudah senior dan lebih lama manggung di Griya Sawala. Sebagai ketua DPRD tentu saja Affiati ingin fokus menjalankan tugas sebagai pimpinan dari wakil rakyat, termasuk menyerap aspirasi masyarakat demi kemaslahatan bersama.

Baginya keluar masuk gang sempit adalah hal yang biasa, dari situlah banyak menemukan berbagai persoalan tentang Kota Cirebon. “Banyak sekali aspirasi warga yang belum terserap. Seperti perbaikan jalan, perbaikan selokan, kawasan kumuh, dan banyak lagi,” ujarnya.

Sementara itu, M Handarujati Kalamullah S Sos mengucapkan syukur karena dirinya akan dilantik sebagai wakil Ketua DPRD. “Ya tentunya bersyukur kepada Allah SWT,” kata Andru, sapaan akrabnya.

Andru mengaku tidak ada persiapan apapun menjelang pelantikan. Namun, berdoa semoga diberi kelancaran dari mulai bertugas kamis nanti sampai akhir pengabdian masa bakti 2024. “Doakan semoga bisa menjalankan tugas dan dimudahkan sampai masa bakti 2024,” kata Andru.

Dia berharap, dengan keberadaannya di pimpinan DPRD, bisa semakin mensinergikan eksekutif dan legislative sebagai penyelenggaraan. Apalagi, Partai Demokrat sebagai partai pengusung Drs H Nashrudin Azis SH dan Dra Hj Eti Herawati. “Mudah-mudahan sinergi kedua lembaga ini semakin baik. Harus beranfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat Kota Cirebon,” tuturnya. (abd)

Berita Terkait