Siti Sa’adah, Wanita Cirebon yang Viral lewat Audisi Indonesian Idol

Tampil di TV, Ingin Bertemu Putrinya yang Sudah 5 Tahun Berpisah

Siti Sa'adah Indonesia Idol
Siti Sa'adah di sela sesi wawancara dengan Radar Cirebon. (Foto: Okri Riyana/Radar Cirebon)

Ajang pencarian bakat Indonesian Idol kembali dimulai. Salah satu yang menyita perhatian adalah hadirnya kontestan wanita asal Cirebon. Dia adalah Siti Sa’adah (26). Melalui ajang pencarian bakat itu, mantan vokalis Band She itu ingin kembali bertemu dengan buah hatinya yang telah dipisahkan darinya selama 5 tahun.

INDONESIAN Idol dianggap satu-satunya platform yang bisa mempertemukan dan meluluhkan hati keluarga mantan suamianya. Ya, wanita yang biasa disapa Desti itu dipisahkan sejak putri kandungnya, Fika Fianka, berusia 3 bulan atau tepatnya pada 2014. Saat itu, Fika masih bergantung pada air susu ibu (ASI).

“Anak saya dibawa mantan suami tanpa sepengetahuan saya karena saat itu lagi siaran radio. Karena saya minta cerai, sampai akhirnya dia culik anak saya,” ujar Desti ketika berbincang bersama Radar Cirebon.

Melalui bakat menyanyi dan kompetisi Indonesian Idol, Desti ingin didengar. Target babak spektakuler pun dijunjung agar namanya melambung dan semakin lantang untuk bersuara. Berbagai usaha bertemu sang buah hati telah dilakukan. Mendatangi kediaman keluarga suami di salah satu kota di Jawa Barat, juga ditempuh. Bukannya diterima, Desti justru diusir. Mantan suami sekaligus keluarganya, kata Desti, bukan orang sembarangan.

“Pernah saya mau bawa persoalan ini ke ranah hukum, tetapi ya percuma. Jelas-jelas mantan suami saya pernah bilang, mau sampai kapan pun saya akan kalah. Kalau benteng suami saya tidak terlalu tinggi, tidak mungkin saya diam. Melalui Idol ini saya banyak berharap. Karena dia (mantan suami, red) suka dan pasti nonton,” katannya.

Suara dan dukungan masyarakat melalui Indonesian Idol, dianggap Desti paling ampuh. Memberikan penampilan dan segala yang terbaik akan dia lakukan. Mantan siswi SMPN 13 Cirebon ini juga tidak mengetahui pasti alasan mengapa mantan suaminya tidak memperbolehkan bertemu putri kandungnya sendiri.

Berbincang dengan Radar, bisa digambarkan ia adalah sosok yang mandiri. Anak kedua dari tiga bersaudara ini memulai karir sejak duduk di bangku sekolah mengah kejuruan (SMK). Lebih tepatnya di SMK Islamic Centre Cirebon. Saat itu kejuruan yang diambil adalah Perdagangan. Ilmu berdagang juga masih diterapkannya hingga saat ini.

Desti berjualan barang-barang branded. Mulai dari tas, dan barang mewah lainnya. Pendidikannya di SMK Islamic Centre hanya sampai 1 semester. Wanita yang mengaku dirinya introvert ini memilih untuk home schooling. Alasannya karena kesibukan.

Audisi Indonesian Idol
Siti Sa’adah (Desti) saat mengikuti Audisi Indonesian Idol.

Tahun 2008 atau saat memutuskan home schooling, Desti disibukan dengan jam manggung di kafe-kafe. Ia tidak bernyanyi secara solo, melainkan selalu besama band. “Kemudian 2009 saya long trip ke seluruh Indonesia, kurang lebih selama 1 tahun,” katanya.

Menyanyi perlahan tuntas, Desti merambah ke dunia modeling. Saat di dunia model, ia bertemu dengan mantan suaminya itu. Seiring berjalannya waktu, Desti yang mempunyai hobi membaca ini sempat memuncaki karir dengan bergabung bersama She pada tahun 2014. Nominasi 10 vokalis tercantik, juga pernah disandang. Bersama She, ia memegang peranan penting. Yakni sebagai vokalis.

“Saat bergabung bersama She, sebetulnya salah satu tujuannya ingin dikenal lalu bertemu anak saya. Karena di tahun yang sama, 2014, anak saya dibawa dan saya ikut She,” tukasnya.

Adanya kesalahpahaman antara personel, tahun 2016 Desti sudah tidak lagi bergabung dengan She. Hingga pada akhirnya ia memutuskan kembali menikah dan dikarunia seorang anak. Namun pernikahannya itu kembali kandas. Februari 2019 masalah melanda dan beberapa waktu terakhir ia kembali bercerai.

Tahapannya di Indonesian Idol masih panjang. Mesti harus melalui tahap eliminasi dan showcase sebelum menuju babak spekta. Tidak hanya Desti, ibundanya ikut merasakan stres akibat ditinggal sang cucu. “Mamah saya stres banget. Orang sebelumnya sama dia terus, senang banget punya cucu cewek,” katanya.

Wanita pengagum Amy Winehouse ini juga lebih dekat dengan ibu dibanding ayah. Dikatakan, sang ayah sempat meninggalkannya saat usia 7 bulan di dalam kandungan. Namun, Desti menganggap hubungan dengan sang ayah saat ini baik-baik saja. Hanya saja, memang sangat jarang untuk bertemu.

Desti juga merupakan wanita yang sangat bangga terhadap kota kelahirannya, Cirebon. Di manapun berada, perempuan yang gemar menikmati nasi jamblang ini tidak pernah malu dan sungkan mengatakan kepada teman-teman bahwa ia asli Cirebon.

“Saya itu over proud terhadap Cirebon. Saya terlalu membangga-banggakan Cirebon. Ketika saya long trip di mana saja, saya bilang asal saya dari Cirebon. Saya mau mengangkat nama Cirebon itu setinggi-tingginya,” pungkasnya. (ade)

Berita Terkait