Selamat Datang Klub Langganan!

Serie A

SERIE-A
Ilustrasi.

VERONA – Hellas Verona menjadi klub terakhir yang promosi ke Seri A. Verona menyusul Brescia dan Lecce yang lebih dulu lolos. Hellas Verona memang tak perlu lama berada di Seri B. Mereka comeback setelah mengalahkan Cittadella dengan agregat 3-2 pada babak play-off, Minggu (2/6) dini hari WIB.

Klub berjuluk Gialloblu itu sempat kalah di leg pertama dengan skor 0-2 di kandang Cittadella. Tetapi membalasnya saat berlaga di kandang mereka dengan skor 3-0. Mereka menjadi tim kedua yang memenangkan final setelah defisit dua gol dari leg pertama, saat Torino kembali dari kekalahan 4-2 pada 2005/2006 silam.

Di bawah aturan play-off, hasil agregat 2-2 sebenarnya memungkinkan Hellas untuk lolos. Ini karena mereka menyelesaikan musim reguler di tempat kelima dibandingkan dengan Cittadella (ketujuh).

Bagusnya, striker veteran Verona, Giampaolo Pazzini mencetak 12 gol. Sementara mantan gelandang Juventus, Luca Marrone dan Liam Henderson dari Skotlandia, juga bersinar musim ini.

Perjalanan Hellas Verona menuju Serie A musim ini diwarnai sedikit drama di awal musim. Pelatih Fabio Grosso dipecat pada awal Mei setelah delapan pertandingan tanpa kemenangan sehingga terlempar dari dua besar.

Manajemen kemudian menggantinya dengan mantan striker Napoli, Alfredo Aglietti. Di tangan Aglietti, perlahan tapi pasti, Verona bangkit. Sempat susah payah menembus zona play-off, mereka pun kini bersanding dengan 19 tim lainnya di Seri A 2019/2020.

Atas hasil ini, Alfredo Aglietti mengingatkan bahwa promosi ke Seri A bukanlah keajaiban. Melainkan, berkat kerja keras segenap elemen klub.

“Ini adalah momen yang tak terlupakan. Saya sampai kehilangan suara. Tidak dapat berkata apa-apa. Terima kasih untuk tim yang telah menemukan cara untuk menghadapi kesulitan. Kami mencapai sesuatu yang luar biasa. Akan mengingat malam ini selama sisa hidup,” kata Aglietti kepada DAZN.

Sesuai regulasi, Seri B menyediakan tiga tiket promosi ke Seri A musim depan. Dua di antaranya sudah disegel Brescia dan Lecce yang finis dua besar. Sementara, satu tiket tersisa diperebutkan enam tim lewat jalur play-off. Itu meliputi Benevento pada peringkat tiga, Pescara (empat), Verona (lima), Spezia (enam), Cittadella (tujuh), dan Perugia (delapan). (wsa/fin)

Berita Terkait