Sekda Jabar Minta Pameran Buku Harus Menjalar ke Daerah

Sekda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa membeli banyak buku dalam Pameran Buku Panggung Literasi Liga Buku Bandung yang bertempat di GOR Saparua, Kota Bandung. FOTO:BIRO HUMAS SETDA PROVINSI JAWA BARAT FOR RADAR CIREBON
Sekda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa membeli banyak buku dalam Pameran Buku Panggung Literasi Liga Buku Bandung yang bertempat di GOR Saparua, Kota Bandung.FOTO:BIRO HUMAS SETDA PROVINSI JAWA BARAT FOR RADAR CIREBON

BANDUNG–Upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mendukung gerakan literasi, tidak hanya mengeluarkan program street library atau mengukuhkan Bunda Literasi sebagai duta. Upaya nyata lainnya adalah mendukung pameran buku.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa berkesempatan mengunjungi sekaligus membuka Pameran Buku Panggung Literasi Liga Buku Bandung yang bertempat di GOR Saparua, Kota Bandung.

Pameran yang berlangsung kurang lebih selama sepekan ini diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat. Buku-buku yang dipamerkan antara lain bertema perbankan, novel, cerita anak, Islami, buku pelajaran, kitab suci dan lainnya.

Iwa sangat mengepresiasi kegiatan tersebut karena merupakan bentuk dukungan masyarakat atas kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang terus mendorong gerakan literasi. Sehingga, minat baca akan meningkat yang berkolerasi dengan tingkat kecerdasan masyarakat. “Pameran ini baik untuk meningkatkan budaya baca. Kami sangat mengapresiasi,” katanya.

Dia berharap agar pameran buku seperti ini tidak hanya di Bandung, tapi daerah lainnya. Khususnya daerah yang sudah mendapat akses buku-buku terkini. Sehingga, ada geliat yang merata terhadap gerakan literasi di Jawa Barat. “Kabupaten/kota lainnya harus ada juga biar merata dalam menikmati karya ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Iwa memborong buku-buku dalam pameran. Itu karena ada diskon sebesar 15 persen dan harganya rata-rata terjangkau. “Mumpung ada diskon, saya borong,” ucapnya.

Iwa mengimbau kepada pengunjung yang hadir untuk memberitahu ada pameran buku kepada keluarga, masyarakat dan teman. Tujuannya agar lebih banyak masyarakat membeli buku dan jendela dunia akan ilmu terbuka sekaligus bermanfaat. (jun/rls)

Berita Terkait