Sehari 3 Kebakaran, Paling Sering Dekat Taman Tukmudal Indah

Lagi, untuk ketiga kalinya terjadi kebakaran lahan di dekat Perumahan Taman Tukmudal Indah (TII).FOTO:IST/RADAR CIREBON

CIREBON-Lagi, kebakaran lahan meneror warga Perumahan Taman Tukmudal Indah (TII), Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Pada tahun 2019 ini, kebakaran lahan di sekitar Perumahan Taman Tukmudal Indah sudah terjadi lebih dari 3 kali. Tidak hanya itu saja, hampir setiap musim kemarau, lahan dekat perumahan tersebut terbakar dan nyaris merembet ke perumahan.

Eno Sujana, Kasi Tanggap Darurat Kebakaran Kabupaten Cirebon mengatakan, pihaknya melakukan pemadaman di lahan dekat perumahan Taman Tukmudal Indah ini bukan yang pertama kalinya di tahun 2019 ini. Namun sudah lebih dari dua kali. Senin (21/10) sekitar pukul 10.00 WIB, pihaknya kembali melakukan pemadaman.

“Penyebabnya ulah masyarakat, diduga dari aktivitas warga yang ada di bagian atas membuang puntung rokok sembarangan. Angin yang kencang hingga api membesar dan menjalar ke rumput serta semak yang kering hingga mendekati ke perumahan. Luas yang terbakar diperkirakan 3 hektare,” ungkap Eno kepada Radar Cirebon.

Menurut Eno, kebakaran kali ini berbeda dari kebakaran beberapa waktu lalu. Kali  ini api sudah meluas, sehingga pihaknya harus menerjunkan 3 unit mobil damkar untuk mengantisipasi agar api tidak meluas ke rumah warga. “Api padam sekitar pukul 11.30 WIB dengan menghabiskan 5 tangki air,” terangnya.

Selain kebakaran di dekat Perumahan TTI. Eno mengatakan, melakukan pemadaman di dua tempat kebakaran lahan lainnya. Pihaknya mendapatkan laporan sekitar pukul 11.45 WIB adanya kebakaran lahan di Blok Manis, Desa Cipinang, Kecamatan Beber.

“Luas yang terbakar 2 hektare. Diduga anak anak yang melakukan kegiatan bakar singkong, kemudian angin kencang api jadi membesar tak terkendali hingga menjalar ke rumput dan semak yang kering.  Pemadaman dilakukan oleh Regu I Pos Sumber dibantu BPBD Kabupaten Cirebon  dan warga beserta anggota koramil juga Polsek Beber secara manual. Disiram  menggunakan ember dikarenakan medan sulit dilalui mobil Damkar,” paparnya.

Yang terakhir, petugas Damkar menerima laporan  sekitar pukul 13.00 WIB adanya kebakaran lahan di Desa Bodesari samping Pabrik Muga Jaya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon. Kali ini pihaknya hanya terjunkan satu unit mobil damkar.

“Awalnya pemadaman ini dilakukan oleh pihak pabrik Muga Jaya dengan menggunakan APAR, dikarenakan api terus membesar dan meluas kemudian meminta bantuan dari Pos Jaga Damkar Weru. Api berhasil padam dengan satu tangki air. Luas area yang terbakar diperkirakan 1 hektare,” pungkasnya. (cep)

Berita Terkait