Sedekah Bumi Desa Wisata Cibuntu Meriah

Sedekah-bumi
SEDEKAH BUMI: Bupati H Acep Purnama menghadiri acara sedekah bumi di Desa Cibuntu, Keacamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Sabtu (19/10). Foto: Agus Panther/Radar Kuningan

KUNINGAN— Masyarakat Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, mengadakan upacara adat sedekah bumi, Sabtu (19/10). Sedekah bumi ini sebagai wujud rasa syukur atas limpahan hasil pertanian, yang dikemas dengan suguhan beragam makanan khas desa setempat.

Upacara adat sedekah bumi dihadiri langsung Bupati H Acep Purnama SH MH, Kabid Destinasi Disparbud Jabar Iwan Priatna, Kabid Kemahasiswaan STP Trisakti Jakarta dan para pegiat pariwisata Kompepar Kabupaten Kuningan.

Acara sedekah bumi diawali dengan arak-arakan warga desa dengan membawa beragam makanan khas desa menuju lapangan. Tiba di lapangan Sidarangdan Desa Cibuntu, warga memasuki tenda besar untuk meletakan beragam makanan khas yang dibawa. Warga juga dihibur berbagai kesenian tradisional seperti pergelaran seni angklung hingga tari-tarian.

“Tradisi sedekah bumi ini merupakan salah satu bentuk ritual tradisi masyarakat Desa Cibuntu. Upacara sedekah bumi ini merupakan bentuk rasa syukur dari kekayaan alam yang ada di bumi,” kata Bupati Acep saat mengawali sambutan.

Menurutnya, bagi masyarakat di tanah Jawa khususnya kaum petani, tradisi ritual tahunan semacam sedekah bumi ini bukan hanya sebagai rutinitas atau ritual tahunan semata. Melainkan memiliki makna yang lebih dari itu. Upacara adat ini sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari budaya daerah.

“Semoga sedekah bumi ini membawa berkah bagi kita semua, dan membuat desa kita semakin semangat untuk menjaga lingkungan sekaligus memajukan perkembangan Desa Cibuntu khususnya dari sisi pariwisata,” harapnya.

Oleh sebab itu, bupati meminta agar generasi muda dapat turut menyumbangkan aspirasi dan kemampuan dalam membangun Desa Cibuntu sebagai desa teladan bagi desa-desa yang lain.
“Seperti yang kita ketahui, Desa Cibuntu merupakan salah satu desa yang membanggakan bagi saya selaku Bupati. Sebab telah membawa nama harum Kabupaten Kuningan sampai tingkat ASEAN,” ujarnya.

Dia menyebutkan, ada beberapa prestasi yang dicapai Desa Cibuntu. Di antaranya mendapatkan penghargaan sebagai desa wisata terbaik ke-V tingkat Asean kategori homestay pada tahun 2016. Selain itu, peringkat ke-II desa wisata terbaik tingkat nasional pada 2017 dengan kategori community based tourism.

“Jalin dan tingkatkan terus kebersamaan dan gotong-royong antar elemen masyarakat dalam setiap pelaksanaan pembangunan. Kembangkan kreativitas dan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, serta lakukan pembelajaran organisasi secara terus menerus dengan mewujudkan prinsip kepemerintahan yang baik,” tutupnya. (ags)

Berita Terkait