Satpol PP Tertibkan PKL di Lima Ruas Jalan

DITINDAK: Personel Satpol PP menyita gerobak pedagang di Jl Siliwangi, Kamis (17/10). Penertiban PKL kembali dilakukan di lima ruas jalan KTL. FOTO: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON– Pedagang kaki lima (PKL) kembali menjamur di sejumlah ruas jalan. Padahal, telah diberlakukan kawasan tertib lalu lintas (KTL) dan relokasike selter. Namun, di lapangan masih banyak terdapat pelanggaran.

Kepala Bidang Ketentraman, Ketertiban Umum (Trantibum) Suweka menyampaikan, penertiban kali ini merupakan penegakkan pelaksanaan Perda 2/2012 dan Peraturan Walikota (Perwali) 27/2014.

Dalam penertiban, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan kegiatan penertiban terhadap PKL yang berjualan di lima ruas jalan. Kelima ruas jalan tersebut adalah Jl dr Wahidin Sudirohusodo, Jl RA Kartini, Jl Siliwangi, Jl dr Cipto Mangunkusumo dan Jl dr Sudarsono.

Penertiban ini, sesuai dengan laporan masyarakat kepada Satpol PP. Kemudian dilakukan tindakan yustisi berupa penertiban terhadap sejumlah PKL yang melanggar Kawasan Tertib Lalulintas (KTL). “Ada laporan, di KTL masih ada PKL yang masih membandel. Maka kita tertibkan,” ujar Suweka, kepada Radar Cirebon, Kamis (17/10).

Disebutkan dia, pelanggaran memang masih marak di beberapa ruas jalan KTL. Padahal, sudah jelas ada larangan berupa sepanduk dan plang larangan berjualan. Sebelumnya juga telah disosialisasikan terlebih dahulu. Bahkan untuk memberikan efek jera, ada beberapa PKL yang pernah disidangkan dan dijatuhi hukuman denda.

Saat ini PKL yang masih membandel menyiasati penertiban ini dengan membuat lapak tidak permanen. Dengan berjualan diatas becak atau dorongan. Sehingga mereka langsung lari menghindari penertiban.

“Ada 7 PKL yang ditertibkan dan diamankan. Barang buktinya berupa gerobak lapak, tabung gas dan barang lainnya. Akan disidangkan pekan ini, sisanya pekan depan. Mudah-mudahan penertiban ini ada efek jera bagi PKL lainnya yang melanggar KTL,” ungkapnya. (gus)

Berita Terkait