Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan Banjarwangunan

Sampah-di-Jalan-Banjarwangunan
BISA TIMBULKAN BENCANA: Tumpukan sampah terlihat menggunung di pinggir Jalan Desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Foto: Deny Hamdani/Radar Cirebon

CIREBON – Tumpukan sampah masih terlihat di mana-mana, termasuk di pinggir jalan. Salah satu tumpukan sampah terlihat di Jalan Desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Salah satu warga, Herman kepada Radar mengatakan, tumpukkan sampah di pinggir jalan tersebut merupakan TPS ilegal. “Ini bukan TPS, tetapi memang banyak sekali yang membuang sampah sembarangan di sini,” ujarnya.

Diungkapkan Herman, kurangnya kesadaran warga dengan membuang sampah sembarangan menjadi pemicu utama banyaknya tumpukan sampah tersebut. “Warga belum sadar kalau membuang sampah sembarangan ini bisa membahayakan dan menimbulkan bencana,” tuturnya.

Herman mengimbau, agar warga tidak membuang sampah sembarangan. “Harusnya jangan buang disini karena bukan TPS,” ujarnya.

Bahkan, DLHD bisa segera mengangkut tumpukkan sampah tersebut karena sudah memasuki musim hujan. “Dinas terkait juga harusnya cepat angkut sampah. Apalagi ini mau musim hujan, bisa sebabkan banjir dan merugikan warga juga,” tuturnya.

Warga lainnya, Wardi mengatakan, dengan banyaknya tumpukkan sampah di pinggir jalan tentunya sangat mengganggu pengguna jalan. “Baunya sangat tidak enak, kalau kita pengguna jalan lewat situ pasti tercium sekali baunya,” ungkapnya. (den)

Berita Terkait