Saluran Air di Perumahan Jembar Agung Pantas Tersumbat, Sampahnya Satu Truk

abd-Sampah-di-jembar-agung-diangkut-truk-sampah-(1)
Tumpukan sampah dari drainase Komplek Perumahan Jembar Agung sebelum diagkut petugas menggunakan truk, Jumat (9/11). FOTO:ABDULLAH/RADAR CIREBON

CIREBON–Dua hari diguyur hujan, Jl Perjuangan di depan Komplek Perumahan Jembar Agung, terus tergenang. Rupanya sampah menyumbat drainase. Begitu dibersihkan, butuh satu truk untuk mengangkutnya.

Warga Jembar Agung, Herawan Effendi mengatakan, air meluap dari saluran sudah terlihat sejak Rabu (7/10). Kemudian berlanjut di hari berikutnya, seiring hujan yang turun hampir setiap malam. Meski hanya menggenangi jalanan, namun warga khawatir luapan ini akan menjadi masalah bila intensitas hujan semakin tinggi. “Makanya saya kirim laporan, alhamdulillah direspons cepat,” ujar Herawan kepada Radar Cirebon.

Laporan tersebut dikirimkan ke Kepala Seksi SDA Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR),  Hermawan ST. Sejam kemudian, yang bersangkutan bersama stafnya turun ke lokasi. Setelah memeriksa langsung melakukan tindakan lapangan berupa pengurasan saluran. “Itu sampah yang dibuang oleh masyarakat ke saluran dari hulu, terbawa sampai ke sini,” kata Herawan .

Ketika hujan besar dan pintu air di daerah Kepompongan dibuka, sampah terbawa oleh arus air. Kondisi ini sudah berlangsung bertahun-tahun. Sampah menyangkut di kawasan Jembar Agung karena salurannya menyempit.

“Sudah lima, enam tahun ini saya mengingatkan supaya saluran di depan rumah warga jangan ditutup semuanya. Cukup untuk akses masuk kendaraan roda saja. Kalau ditutup begini kan repot, susah bersihinnya,” pungkasnya. (abd)

Berita Terkait