Rusia Uji Coba Rudal Hipersonik Canggih di Kawasan Arktika

jet-tempur-mig-31k-milik-rusia-membawa-rudal-hipersonik-kinjal-foto-kremlinru-36
LATIHAN: Jet tempur MiG-31K milik Rusia membawa rudal hipersonik Kinjal. Foto: Kremlin.ru

MOSKOW – Militer Rusia dikabarkan telah melakukan uji coba senjata canggih terbaru mereka di wilayah Arktika beberapa waktu lalu. Senjata itu adalah peluru kendali hipersonik yang diberi nama Kinjal (pisau belati).

Menurut kantor berita TASS, uji coba itu terjadi pada pertengahan November. Ketika itu jet tempur MiG-31K milik Rusia berangkat dari lapangan terbang Olenegorsk dan menembakkan rudal Kinjal ke sasaran di kawasan Komi.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan keberadaan Kinjal pada Maret 2018 bersama dengan sistem rudal lainnya yang dia sebut tak terkalahkan. Putin mengklaim senjata canggih itu memiliki kemampuan luar biasa dalam menghindari sistem pertahanan musuh.

Media Rusia melaporkan bahwa Kinjal dapat mengenai sasaran hingga 2.000 km jauhnya dengan hulu ledak konvensional atau nuklir. Pelur kendali tersebut sudah dikerahkan di distrik militer bagian selatan Rusia.

Sebelumnya, Dinas Intelijen Pertahanan Denmark menyatakan dalam laporan tahunannya bahwa Rusia, Amerika Serikat dan Tiongkok tengah bersaing memperebutkan pengaruh di Arktika. Persaingan ini meningkatkan level ketegangan di kawasan paling utara Planet Bumi tersebut. (ant/dil/jpnn)

Berita Terkait