Ridwan Kamil Ajak Kades Kejar Status Desa Mandiri

GENJOT PEMBANGUNAN DESA: Gubernur Jabar, Ridwan Kamil membagikan mobil aspirasi kampung juara, belum lama ini. Ia mengajak seluruh kades untuk mengejar status sebagai desa mandiri.FOTO: ANDI AZIS MUHTAROM/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Gubernur Jawa Barat Dr HM Ridwan Kamil ST MUD menargetkan seluruh desa di wilayah Jawa Barat menjadi desa mandiri. Bahkan, Emil mengklaim saat ini, jumlah desa tertinggal di Jawa Barat semakin berkurang.

Hal tersebut disampaikan Emil saat menghadiri pelantikan Kepala Desa Serentak (Pilkades) 141 kades di gedung negara Pendopo Pemkab Majalengka belum lama ini. Menurutnya, saat dirinya menjabat sebagai gubernur pada September 2018, di Jawa Barat masih terdapat beberapa desa dengan kategori tertinggal.

Namun, sambung dia, desa-desa tertinggal tersebut terus mendapat sejumlah program dan pembangunan dari provinsi. Sehingga dapat terkatrol. Dia memaparkan kategori pengelompokan tingkat kemajuan desa dalam empat jenis, yakni desa tertinggal, desa berkembang, desa maju, dan desa mandiri.

“Saya selalu ingatkan kepada 5.300 Pemdes di Jawa barat untuk memiliki target dalam kepemimpinan di desa. Kalau misalnya ada yang masih tertinggal, susun program kira-kira menanjak statusnya jadi desa berkembang. Yang berkembang, juga harus punya target beberapa tahun bisa jadi desa maju, dan seterusnya,” tuturnya.

Selanjutnya, sambung Emil, desa yang berstatus maju pun jangan berpuas diri. Pemerintah desa harus memiliki program perencanaan untuk menjadikan desanya sebagai desa mandiri. Pihaknya akan memberi reward bagi desa yang mampu naik status jadi mandiri dengan diberi mobil aspirasi kampung juara (Maskara).

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Majalengka Duki S SH MH mengapresiasi program pemerintah provinsi yang konsen dan perhatian terhadap pembangunan kemajuan di desa. Menurutnya, ini menjadi pemacu semangat bagi para kepala desa dan jajaranya untuk terus bekerja membangun dan memajukan desanya. (azs)

 

Berita Terkait