Ribuan Peserta Jalan Sehat Wajah Baru Cirebon Padati Kawasan Kota Tua

Jalan-Sehat-Wajah-Baru-Cirebon
Ribuan peserta Jalan Sehat Wajah Baru Cirebon memadati kawasan kota tua gedung British American Tobacco (BAT) Kota Cirebon. Foto: Husain Ali/radarcirebon.com

CIREBON – Ribuan peserta Jalan Sehat Wajah Baru Cirebon memadati kawasan kota tua, tepatnya areal gedung British American Tobacco (BAT), Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Minggu (15/12). Sebelumnya, peserta jalan sehat dimulai dari depan halaman Pendopo Bupati Cirebon Jalan Kartini atau area Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon.

Ribuan peserta tersebut dari titik awal di depan halaman Pendopo Bupati Cirebon berjalan menyusuri Jalan KS Tubun, Jalan Prujakan, Jalan Pekalipan, Jalan Pulasaren, Jalan Ariodinoto, Jalan Merdeka, dan berakhir di kawasan BAT. Sekitar 2,5 kilometer ribuan peserta menyusuri jalan-jalan yang merupakan wajah Kota Cirebon tersebut.

Para peserta jalan sehat di beberapa titik dihibur dengan kreasi seni. Saat di Jalan Kartini depan Masjid Raya At Taqwa, peserta dihibur penampilan hadroh dari DLH dan komunitas seni dan budaya.

Kemudian di Jalan KS Tubun, peserta dihibur dengan pertunjukan dari siswa sekolah. Berikutnya di Jalan Pekalipan disuguhkan seni musik gamelan. Lantas saat melewati Keraton Kacirebonan, peserta dihibur dengan penampilan silat bela diri.

Sampai di titik akhir, para peserta jalan sehat diajak olahraga senam bersama mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Setelah senam, puncak acara Jalan Sehat Wajah Baru Cirebon bagi-bagi hadiah. Hadiah utama, ada 4 tiket umrah, 4 sepeda motor, dan sejumlah hadiah menarik lainnya.

Dari ribuan peserta Jalan Sehat Wajah Baru Cirebon, tampak hadir Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Atalia Praratya Kamil. Walikota Cirebon Nasrudin Azis juga ikut meramaikan Jalan Sehat Wajah Baru.

Walikota Cirebon Nashrudin Azis mengapresiasi kegiatan yang digelar Radar Cirebon ini. Jalan Sehat Wajah Baru Cirebon, kata Azis, membawa banyak dampak positif. Selain sehat dan hadiahnya, para peserta akan berjalan bersama melalui titik kawasan kota tua di Kota Cirebon.

“Banyak sudut di Kota Cirebon memiliki nilai historis yang menarik para wisatawan. Sambil olahraga berjalan kaki, kita bisa melihatnya langsung menikmatinya. Ini yang tidak bisa dilakukan bila kita naik kendaraan,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Kawasan kota tua, lanjut Azis, akan menjadi andalan tempat pariwisata Kota Cirebon. “Kami mempunyai visi mewujudkan Kota Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah. Kita targetkan kunjungan wisatawan tahun ini 2 juta orang. Alhamdulillah sudah mendekati angka tersebut. Dengan kegiatan yang digelar oleh Radar Cirebon, tentu juga membantu kami mewujudkan target itu. Intinya, gerak bersama membangun Cirebon,” kata Azis.

Senada dikatakan Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati. Dengan banyaknya event, salah satunya Jalan Sehat Wajah Baru Cirebon dalam rangka HUT ke-20 Radar Cirebon, Eti berharap akan berefek positif bagi kemajuan Kota Cirebon.

“Radar Cirebon mengenalkan Alun-alun Kejaksan sebagai wajah baru Kota Cirebon dan kawasan kota tua melalui kegiatan jalan sehat. Saya apresiasi dan ucapkan terima kasih. Ini bentuk peran pihak swasta memajukan Kota Cirebon,” ujar Eti. (hsn/gus)

Berita Terkait