Ribuan Anggota Linmas Siap Amankan Pemilu 2019

Ribuan anggota Linmas Kota Cirebon mengikuti apel gelar pasukan untuk kesiapan pengamanan pemilU, Senin (8/4). FOTO:AGUS RAHMAT/RADAR CIREBON
Ribuan anggota Linmas Kota Cirebon mengikuti apel gelar pasukan untuk kesiapan pengamanan pemilU, Senin (8/4).FOTO:AGUS RAHMAT/RADAR CIREBON

CIREBON-Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) mempunyai tugas pokok melindungi masyarakat, membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan.

Namun selama pelaksanaan Pemilu 2019, Linmas harus ikut mengawal seluruh tahapan yang telah dimulai. Dengan pengawalan yang dilakukan, pelanggaran dan risiko konflik bisa ditekan.

Demikian disampaikan Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH usai mengikuti kegiatan Apel Gelar Pasukan Satuan Linmas se Kota Cirebon dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu serentak 2019, di GOR Bima, Senin (8/4).

Dengan kesiapan mental ini, diharapkan linmas bisa menghadapi persoalan pengamanan mulai persiapan, pencoblosan sampai penghitungan dan pengamanan kotak suara di TPS di mana dia ditempatkan. “Kami meminta kepada anggota Linmas untuk bertugas dengan sebaik-baiknya, karena pemilu tahun ini berbeda dengan pemilu sebelumnya,” ujar Azis dalam pengarahannya.

Karena pemilu kali ini digabungkan dengan pilpres, pemilihan anggota DPR dari daerah hingga pusat serta DPD RI. Pelaksanaan pemilu di Kota Cirebon diharapkan bisa berlangsung dengan aman, damai dan kondusif.

Di tempat yang sama Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy menambahkan, keberadaan Sat Linmas sangat membantu tugas-tugas kepolisian. Rekan dalam menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya pada pemilu nanti. “Saya mengimbau masyarakat Kota Cirebon untuk bersama-sama menjaga kondusivitas kota, pergunakan hak suara sebaik-baiknya,” harapnya.

Sementara itu, Kepal Satpol PP Kota Cirebon Drs Andi Armawan menyebutkan, anggota Linmas Kota Cirebon tercatat sebanyak 1.958 orang ditambah dengan pengamanan wilayah sebanyak 260 orang. Mereka akan ditugaskan di masing-masing TPS sebanyak 2 orang, pengamanan di kelurahan sebanyak 10 orang dan pengamanan di 5 kecamatan sebanyak 15 orang.

Pemateri berasal bimtek berasal dari KPU, Polres Cirebon Kota dan Kodim 0614 Kota Cirebon. Dengan materi pada bimtek yang telah diberikan, setiap anggota Linmas bisa menyadari fungsi mereka sangat penting untuk pengamanan pada pemilu 2019 mendatang. “Mereka garda terdepan pengamanan pemilu,” tegasnya. (gus)

Berita Terkait