Rebutan Alat Kelengkapan Dewan, Koalisi Edi Diintip Gerindra

DPRD Kota Cirebon

CIREBON-Alat Kelengkapan Dewan (AKD) tak kunjung terbentuk. Padahal dalam waktu dekat, sudah ada agenda penyampaian rencana anggaran pendapatan belanja daerah (RAPBD) oleh Pemerintah Kota Cirebon.

Sampai kini, fraksi-fraksi masih terus melakukan pendekatan. Kabarnya, politisi PDI Perjuangan, Edi Suripno MSi menggalang lobi-lobi dengan ketua fraksi PKS, PPP, dan Nasdem. Pertemuan ini dilakukan di sebuah rumah makan di Jl Cangkring, Kecamatan Kejaksan.

Informasinya, yang hadir adalah Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Benny Sujarwo, Anggota Fraksi PKS H Karso, Anggota Fraksi PPP Dewananto dan Anggota Fraksi Nasdem Harry Saputra Gani. Di tempat lain dan waktu berbeda, Fraksi Gerindra juga menggalang koalisi. Di salah satu ruangan gedung dewan, mereka bertemu dengan perwakilan Fraksi PPP Dewananto, dari Fraksi Nasdem ada Harry Saputra Gani dan Andi Riyanto Lie.

“Saya sebelum ke sini tadi melihat Edi Suripno ketemu Pak Karso, HSG, Benny Sujarwo, Dewananto. Apa yang mereka bicarakan kita sudah tahu lah arahnya ke mana dan siapa motornya. Pasti anda juga sudah paham,” kata Tommy kepada Radar Cirebon.

Tommy tak asal sebut. Dia mengaku melihat sendiri pertemuan Edi Suripno dan Benny Sujarwo dengan beberapa anggota fraksi yang disebutkan. Meski memergoki, ia hanya mengintip jalannya pertemuan itu, karena ada keperluan lain.

Bagi Fraksi Gerindra, dalam komposisi AKD menjalankan prinsip ”Mengejar yang Tertinggal, Menghimpun yang Berserak”, karena selama ini terjadi pihak yang ditinggal tak pernah dilihat oleh rekannya. “Begitu spirit Gerindra. Kita adalah partai pemenang di Griya Sawala,” tegas Tommy.

Karenanya apapun proses dalam penyusunan AKD, nantinya Gerindra akan siap dengan komposisi proporsional maupun voting. Ia pun berpesan agar penyusunan AKD mengusung prinsip membangun Kota Cirebon menjadi lebih baik. Bukan saling menguasai atau meninggalkan. “Selama ini tiga serangkai berjalan sendiri meninggalkan kita. Periode sekarang justru kita ingin maju bersama dan tidak ada yang kita tinggal,” tegasnya.

Terpisah Ketua Fraksi Partai Nasdem, Harry Saputra Gani membenarkan pertemuannya dengan Ketua Fraksi PDIP Edi Suripno dan sejumlah ketua fraksi lain. Hanya saja HSG enggan membeberkan hasil pertemuan tersebut. “Hanya rapat koalisi. Silahkan tanyakan langsung ke Pak Edi,” katanya singkat.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Lili Eliyah SH MM mendorong adanya rapat fraksi. Dari rapat itu, seharusnya bisa dituntaskan bagaimana seharusnya komposisi AKD berdasarkan hasil musyawarah. (abd)

Berita Terkait