Razia Gabungan Sasar Penunggak Pajak Kendaraan

Ilustrasi - Polisi razia kendaraan. Foto Net

MAJALENGKA-Aparat gabungan menggelar razia kendaraan bermotor di wilayah Kecamatan Jatitujuh, Selasa (26/11). Razia menyasar para penunggak pajak kendaraan dan pengendara yang tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraan lainnya.

“Razia gabungan ini khususnya bagi kendaraan yang menunggak pajak atau belum melakukan daftar ulang,” kata Kepala P3D Wilayah Kabupaten Majalengka, Hj Veronika Etty Sriwidayanti.

Menurut Yanti, dalam operasi gabungan juga dilakukan sosialisasi program Pemprov Jabar terkait keringanan atau diskon pajak dan penghapusan sanksi administrasi atau bebas denda terhadap Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). “Razia ini akan berlangsung selama tiga hari dengan lokasi yang berbeda-beda. Sedangkan, bagi pengendara yang terjaring razia bisa langsung melakukan pembayaran di lokasi razia,” ungkapnya.

Yanti menjelaskan, dengan menyasar pada penunggak pajak, diharapkan sektor Pendapatan Asli Daerah khususnya pajak kendaraan bisa meningkat. Menurut dia, banyaknya jumlah kendaraan yang belum melakukan pembayaran pajak menjadi potensi pendapatan yang perlu mendapatkan perhatian besar. “Upaya penelusuran kita lakukan sebagai bentuk penagihan. Operasi KTMDU ini juga menjadi salah satu upaya kami menggali potensi pajak tersebut,” katanya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Endang Sujana mengungkapkan, operasi tersebut selain bertujuan menyasar para penunggak pajak, juga sekaligus menertibkan pengendara motor maupun mobil yang melanggar aturan lalu lintas. “Jika kita temukan pengendara yang melanggar aturan lalu lintas, maka kita akan tindak berupa penilangan,” jelasnya.

Diharapkan, selain potensi pajak kendaraan tergali optimal, razia itu juga bisa menumbuhkan semangat tertib berkendara sehingga meminimalisasi kecelakaan. (bae)

Berita Terkait