Ratusan Pohon Bambu di Winduherang Terbakar

Petugas pemadam kebakaran sedang berusaha memadamkan api yang melahap lahan bambu di Kelurahan Winduherang, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.FOTO:DAMKAR KABUPATEN KUNINGAN FOR RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Untuk kesekian kalinya, petugas pemadam kebakaran dibuat sibuk. Kali ini kebun bambu seluas seribuan meter persegi ludes terbakar di Kelurahan Winduherang, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Lahan bambu yang diketahui milik dua orang warga yakni Uha dan Raksa, diduga terbakar akibat adanya aktivitas pembakaran lahan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Petugas dari Damkar berusaha menjinakan si jago merah agar tidak merembet ke area lain dengan menyemprotkan air dari mobil pemadam kebakaran. “Kami mendapat laporan pukul 9.35 WIB pagi adanya kebakaran lahan di Kelurahan Winduherang. Ada delapan anggota regu ke lokasi kebakaran dengan satu unit kendaraan Damkar,” kata Plt Kepala Damkar Kuningan Khadafi Mufti saat memberikan keterangan persnya, Kamis (21/11).

Dijelaskan, bahwa api sudah terlihat membesar itu diketahui salah seorang warga setempat bernama Sule (23) sekira pukul 9.30 WIB. Kemudian warga ini melaporkan adanya kejadian kebakaran ke petugas Damkar Kuningan. “Kami tiba di lokasi itu sekitar 10 menit setelah laporan diterima. Alhamdulillah dibantu warga setempat, api dapat dipadamkan sekitar satu jam,” terang Khadafi.

Dia menduga, kebakaran lahan bambu seluas 1.400 meter persegi itu adanya aktivitas pembakaran lahan di area tersebut. Namun karena dibiarkan, sehingga api merembet dan menyebar cepat membakar lahan bambu. “Kebakaran kebun bambu ini luasnya sekitar 1.400 meter persegi milik Bapak Uha dan Bapak Raksa warga Kelurahan Winduherang Kecamatan Cigugur. Kerugian yang dialami kedua warga ini ada seratusan pohon bambu yang terbakar,” sebutnya.

Dia menambahkan, lokasi kebakaran ini berdekatan pula dengan kandang ayam milik Asdi (74) dan kandang ayam milik Saja (65). Ada pula kandang ayam milik Pendi (40) di sebelah utara, dan pemakamam umum di sebelah selatan. (ags)

Berita Terkait