Ratusan PNS Pemkot Terima Kenaikan Pangkat

CIREBON-Reformasi birokrasi salah satunya dalam upaya peningkatan tertib administrasi. Kebijakan pemerintah yang selalu bergerak dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Ini semua bertujuan untuk meningkatkan kinerja pegawai negeri sipil (PNS).

“Pemerintah memberikan apresiasi kepada PNS yang berupa kenaikan pangkat, tepat waktu, tepat orang dan tepat gaji,” ujar Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati seusai menjadi pembina apel penyerahan SK kenaikan pangkat PNS di Halaman Gedung Setda, Senin (30/9).

Kenaikan pangkat periode I diterima oleh 259 PNS.  Dengan rincian kenaikan pangkat untuk fungsional, umum dan jabatan struktural sebanyak 156 PNS. Kenaikan pangkat fungsional sebanyak 103 PNS. Kenaikan pangkat bagi PNS, merupakan sebuah penghargaan dari negara atas kinerjanya.

Kenaikkan pangkat juga bukan merupakan suatu hak, sebagai mana diatur dalam UU nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. “Kenaikkan pangkat harus dipahami sebagai kenaikan tanggungjawab, dan juga kenaikan prestasi kerja yang lebih baik,” tegasnya.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon H Anwar Sanusi SPd MSi menambahkan, PNS saat ini bukan lagi menjadi sebuah pekerjaan. Lebih dari itu, PNS adalah suatu profesi yang mengemban amanah yang harus ditunaikan dengan baik.  Sehingga para PNS wajib memiliki paradigma reformasi birokrasi. “Reformasi birokrasi ini mencakup perubahan pola pikir, mindset, perubahan budaya kerja yang dilakukan secara komperhensif dan terukur,” ungkapnya.

Salah satu PNS yang naik pangkat adalah, Kabid Sumber Daya Air DPUPR Agung Kemal Hasan ST MM. Agung mengatakan kenaikan pangkat ini diartikan sebagai kenaikan tanggungjawab terhadap pekerjaannya. “Ini kepercayaan pimpinan dan negara kepada saya, untuk meningkatkan kinerja agar lebih baik lagi,” tandasnya. (gus)

Berita Terkait