Rangkaian HUT Kota Cirebon, Pemkot Khitan 650 Anak

Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati menemui salah satu peserta khitanan masal di IAIN Syekh Nurjati, Jumat (25/10).FOTO:OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Masih dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-650 Kota Cirebon, Pemerintah Kota Cirebon dengan dukungan komunitas dan swasta melakukan khitan masal 650 anak. Kegiatan dilakukan di Kampus IAIN, Jl Perjuangan, Kota Cirebon, Jumat (25/10).

Anak yang di khitan, didampingi orang tuanya masing-masing. Mereka mayoritas berasal dari Wilayah III Cirebon, dan beberapa diantaranya dari luar kota. Nampak hadir dan masuk dalam ruangan peserta khitan, Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati. Eti mencoba menenangkan anak-anak yang ketakutan. Ketua Panitia HUT ke-650 Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya juga nampak hadir dalam acara tersebut.

Agus mengatakan, anak-anak yang mengikuti khitan jumlahnya tergolong membludak. Mereka, ada yang sebelumnya telah lebih dulu melakukan pendaftaran, namun banyak juga yang datang secara langsung dan daftar di lokasi dilakukannya khitan. Dia tidak menyangka jumlah peserta mencapai ratusan banyaknya. “Biasanya khitan hanya 10 hingga 20 orang saja. Ini ratusan anak. Mudah-mudahan bisa kembali dilakukan dengan skala yang lebih besar,” tuturnya.

Diharapkan kegiatan ini bisa membantu masyarakat yang memang membutuhkan. Khitan ini masih dalam rangkaian hari jadi Kota Cirebon ke-650 dan merupakan kerja bareng antara civitas akademika IAIN Syekh Nurjati, Brother Hood, Rumah Sakit Assyifa Sukabumi, Yayasan Cirebon Peduli Anak Bangsa, dan komunitas lainnya.

Salah seorang panitia yang juga merupakan Mahasiswa IAIN, Dwi Deninta Safitri menuturkan, panitia telah menyiapkan segalanya dengan matang hingga menuju hari pelaksanaan khitan. Ia juga bersyukur, atas lancarnya rangkaian kegiatan tersebut. “Alhamdulillah lancar dan sukses. Insya Allah tahun mendatang IAIN kembali siap menjadi tuan rumah agenda ini,” tukasnya. (ade)

Berita Terkait