Raline Shah Buka Bisnis Kedai Kopi

BERAWAL dari kecintaannya terhadap kopi, aktris dan model Raline Shah di awal tahun 2020 membuka bisnis kedai kopi.

Finalis Puteri Indonesia 2008 itu menyukai kopi sejak duduk di bangku SMA. Dalam rutinitas belajar tidak lupa selalu menyeruput kopi panas.

“Pagi aja sih (minum kopi). Sejak sekolah SMA (suka minum kopi). Soalnya suka begadang, belajar, ngapalin,” ujar dia ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin.

Di kedainya, tidak hanya menyuguhkan kopi. Tetapi ada kudapan lain untuk orang yang menyukai makanan vegetarian.

“Saya rasa di Indonesia kekurangan kopi untuk vegan atau vegetarian, dan di sini ada susu alternatif yang terbuat dari gandung boat dan itu lumayan best seller,” tutur dia.

Wanita kelahiran Jakarta, 4 Maret 1985 itu mengaku tidak khawatir terhadap saingan. Seperti diketahui, di mana-mana banyak bermunculan kedai kopi dengan menawarkan beragam cita rasa.

“Persaingan di hidup ini memang banyak. Mulai dari entertainment, kopi, cari suami dan lain-lainnya. Bagaimana kita melihat lebih besar dari itu, saya rasa semua orang itu harus menemukan jalannya sendiri,” katanya.

Cewek bergelar B.A in Political Science and New Media & Communications dari Universitas Singapura berkeyakinan kedai kopinya akan banyak pembeli.

“InsyaAllah, kalau kita menjalankan sesuatu dengan serius dan dengan baik, banyak juga yang akan beli kopi kita. Jadi jangan lihat kiri-kanan,” ucap dia.

Tentu saja, harga kopinya akan bersaing dengan kedai kopi lainnya. Meskipun demikian, harga yang dijual masih tahap wajar dan tidak mematikan bisnis kopi orang lain.

“Ya pastinya wajar. Saya kan orang yang lumayan wajar, saya ingin berpikir, saya adalah orang yang wajar, jadi harganya juga wajar,” pungkasnya.(din/fin)

Berita Terkait