Polres Kuningan Optimalkan Pengamanan Gereja

kapolda-jabarr
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi didampingi Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan (kanan) menegaskan polisi siap mengamankan Natal dan Tahun Baru. Foto: Agus Panther/Radar Kuningan

KUNINGAN – Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan SIK akan memaksimalkan pengamanan setiap gereja pada saat perayaan Natal. Bahkan ada sebanyak 10 personel kepolisian akan berjaga di masing-masing gereja. Saat ini di tingkat Mabes dan Polda Jawa Barat sudah dilakukan rapat koordinasi, dalam rangka kesiapan instansi, institusi, dan elemen masyarakat dalam menciptakan kondusivitas jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Kita juga akan melakukan rakor lintas sektoral, tujuan sama untuk menciptakan kondusifitas,” kata Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan SIK saat dimintai keterangan persnya, Jumat (13/12).

Semua kekuatan personel Polres Kuningan akan diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan ibadah umat nasrani. Jika ditotal ada 1.000 lebih petugas gabungan baik dari unsur TNI maupun Polri dan instansi terkait yang lain dalam pengamanan Nataru.

“Seluruh personel kita libatkan, ada sebanyak 800 orang ditambah dengan unsur TNI dan petugas gabungan yang lain lebih dari 1.000 personel. Kita maksimalkan pengamanan di gereja-gereja, mungkin kurang lebih sampai 10 anggota mengamankan satu gereja,” tegas Iman.

Sebelum pelaksanaan ibadah saat Natal, pihaknya akan melakukan sterilisasi dengan menerjunkan Brimob untuk menyisir setiap gereja di Kabupaten Kuningan. Penyisiran dilakukan pada H-1 sebelum pelaksanaan Natal, dengan dibekali alat detektor dari Tim Penjinak Bom (Jibom). Terkait pengamanan saat libur tahun baru sendiri, Kapolres mengatakan, akan berkonsentrasi untuk menerjunkan anggotanya di titik yang dianggap rawan kemacetan. Sejumlah kawasan wisata maupun jalur Kuningan-Cirebon, akan diterjunkan petugas untuk mengatur arus lalu lintas.

“Kita ketahui bersama, Kuningan memiliki destinasi wisata yang dipastikan ada peningkatan kunjungan wisatawan dari luar daerah.  Konsentrasi kita kesana, intinya saat libur Natal dan Tahun Baru nanti, siapapun yang berkunjung kita pastikan Kuningan harus aman, harus dijamin keselamatan masyarakat,” tandasnya. (ags)

Berita Terkait