Polres Cirebon Kabupaten Resmi Menjadi Polresta

Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi meresmikan perubahan status Polres Cirebon menjadi Polresta Cirebon, Rabu (4/12).FOTO:CECEP NACEPI/RADAR CIREBON

CIREBON–Polres Cirebon Kabupaten (Cikab) berubah nama menjadi Polres Kota (Polresta) Cirebon. Perubahan nama dan kenaikan tipologi itu secara langsung diresmikan oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi, dihadiri pejabat Polda Jabar beserta semua kapolres di Jawa Barat dan semua unsur di Kabupaten Cirebon.

“Saya berharap dengan meningkatnya tipe Polresta Cirebon ini pelayanan terhadap masyarakat bisa meningkat. Dan nanti jumlah personel akan ditambah secara bertahap. Kenaikan tipologi pertimbangannya banyak, ini keputusan negara,” papar kapolda di depan awak media.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon AKBP Syahduddi mengatakan, dengan meningkat status dari Polres Cirebon menjadi Polresta Cirebon akan memperbaiki dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Cirebon.

“Polresta sendiri setelah dilakukan pengkajian baik oleh Kementrian PAN RB dan Mabes Polri. Memang Polres Cirebon sudah layak dinaikkan menjadi Polresta Cirebon berdasarkan pertimbangan karakteristik kerawanan daerah dan jumlah penduduk. Naiknya status berdampak terhadap komposisi personel yang dimiliki,” katanya.

Saat ini,  jumlah personel Polresta Cirebon sebanyak 1.300 anggota, masih belum ideal menjadi Polresta Cirebon. Sementara itu, jumlah ideal ketika menjadi Polresta Cirebon sekitar 2300 personel. Sehingga secara otomatis, di Polresta Cirebon akan adanya penambahan jumlah personel. “Setelah ini, saya akan berkoodinasi dengan Polda Jabar untuk meminta penambahan personel,” ujarnya. (cep)

Berita Terkait