Polantas Peduli Kirim Air Bersih untuk Warga Simpayjaya

POLANTAS-PEDULI-AIR-BERSIH
Polantas Polres Kuningan menggelar bakti sosial mengirimkan bantuan air bersih untuk warga Desa Simpayjaya, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan yang mengalami kekeringan. Foto: Istimewa

KUNINGAN – Untuk kesekian kalinya anggota Polantas Polres Kuningan menggelar bakti sosial mengirimkan bantuan air bersih untuk daerah kekeringan. Kemarin, kiriman air berish ditujukan untuk warga Desa Simpayjaya, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan.

Kegiatan bertajuk Satlantas Peduli tersebut dipimpin langsung Kasat Lantas AKP Sofyan Efendi didampingi KBO Lantas Iptu Sutarja serta anggota Satlantas Polres Kuningan. Kehadiran satu tanki air bersih kapasitas 8.000 liter ke Desa Simpayjaya disambut antusias warga.

Warga sudah bersiap dengan wadah seperti ember, jeriken hingga baskom. Untuk ketertiban, warga pun diminta untuk menyimpan wadah-wadah tersebut untuk kemudian satu per satu diisi air oleh petugas.

“Pengiriman air bersih ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami anggota Satlantas Polres Kuningan terhadap daerah terdampak kekeringan akibat kemarau. Mudah-mudahan bantuan ini bisa sedikit membantu meringankan kesulitan warga Simpayaja yang tengah mengalami krisis air bersih,” ungkap Kasat Lantas AKP Sofyan Efendi didampingi KBO Lantas Iptu Sutarja.

Sofyan mengatakan, pengiriman air bersih ke Desa Simpayjaya tersebut dilakukan atas koordinasi terlebih dahulu dengan pihak BPBD Kabupaten Kuningan. Dari sekian banyak daerah terdampak kekeringan, kata Sofyan, Desa Simpayjaya adalah salah satu daerah yang butuh kiriman air bersih.

“Sebelumnya kami juga sudah mengirimkan air bersih ke Desa Margamukti, Kecamatan Cimahi, kemudian sekarang ke Desa Simpayjaya. Kami selalu berkoordinasi dengan BPBD untuk penyaluran air bersih ini, sehingga bisa tepat sasaran,” ujarnya.

Sementara itu, Maman salah satu warga Desa Simpayjaya mengaku sangat senang dengan adanya bantuan air bersih dari anggota Polantas Polres Kuningan tersebut. Dikatakan, sejak tiga tahun terakhir ini Desa Simpayjaya menjadi daerah langganan kekeringan hingga warganya mengalami krisis air bersih gara-gara bak penampungan Pamsimas di desa tetangga jebol diterjang longsor.

“Setiap kemarau panjang seperti ini kami selalu mendapat bantuan air bersih dari BPBD atau instansi dan komunitas yang peduli kepada desa kami. Alhamdulillah sekarang ada bantuan dari Polres Kuningan, kami sangat berterima kasih semoga kebaikan ini dibalas ganjaran berlipat oleh Allah SWT,” ujar Maman. (fik)

Berita Terkait