Pohon Beringin di Balong Cigugur Tumbang

Ilustrasi-Angin Kencang
Ilustrasi-Angin Kencang. Foto: Istimewa

KUNINGAN-Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Selasa (10/12) sore ternyata menyebabkan pohon beringin berukuran besar di objek wisata Balong Cigugur tumbang.

Berdasarkan informasi dihimpun, kejadian tumbangnya pohon beringin berdiameter 1 meter hingga masuk ke kolam ikan dewa tersebut menyebabkan tembok dan selasar objek wisata rusak. Atas kejadian tersebut, mengharuska objek wisata Balong Cigugur ditutup untuk sementara waktu.

Selain pohon beringin, ternyata angin kencang juga merobohkan beberapa pohon lain di luar pagar objek wisata Balong Cigugur hingga menutup akses jalan alternatif menuju RSU Sekarkamulyan. Kejadian pohon tumbang di Balong Cigugur ini pun langsung mendapat penanganan petugas objek wisata dibantu petugas BPBD dan TNGC serta anggota Koramil Cigugur.

Pembersihan pohon beringin berukuran besar yang masuk kolam ikan dewa ini pun berlangsung hingga dua hari. Dengan menggunakan gergaji mesin dan golok, kegiatan pembersihan pun masih dilakukan hingga hari Kamis kemarin.

“Tumbangnya pohon beringin ini terjadi pada Rabu sore sekitar pukul 16.30 WIB. Beruntung saat kejadian objek wisata sedang kosong sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin.

Tumbangnya pohon beringin ini, kata Agus, telah mendapat penanganan dari petugas BPBD dibantu warga sekitar dan petugas TNGC dan aparat dari Koramil Cigugur membersihkan material pohon. “Berkat partisipasi semua pihak, pembersihan material pohon beringin termasuk akses jalan menuju RSU Sekarkamulya selesai pukul 15.15 WIB,” ujar Agus. (fik)

Berita Terkait