PGM Jabar Bisa Sukseskan Program Keumatan

KOLABORASI: Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat membuka Focus Group Discussion (FDG) dan Rakor DPW PGM Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, belum lama ini.FOTO: DOKUMEN Setda Pemprov Jabar

BANDUNG – Konsep kolaborasi yang diterapkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) bertujuan untuk mengakselerasi pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Makanya, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengajak guru madrasah yang tergabung dalam Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) wilayah Jawa Barat berkolaborasi menyukseskan sejumlah program keumatan Pemdaprov Jabar.

“Tanpa kolaborasi, pembangunan Jabar tidak akan berjalan dengan cepat atau ngabret. Kami punya keterbatasan, salah satunya Sumber Daya Manusia (SDM). Maka itu, kami mengajak PGM ini turut menyukseskan program kami,” kata Uu.

Menurut dia, atensi pembangunan Pemdaprov Jabar saat itu tidak hanya soal infrastruktur, tetapi juga fokus pada sektor batiniah. Hal tersebut terlihat dari sejumlah program keumatan seperti Magrib Mengaji, Satu Desa Satu Hafidz, English For Ulama, One Pesantren One Product (OPOP) dan Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera).

“PGM Jawa Barat bisa terlibat dalam program keumatan di sektor pendidikan. Sebab, guru-guru madrasah punya peran penting dalam meningkatkan moral dan akhlak generasi muda di Jawa Barat,” tuturnya.

Dia pun berharap guru madrasah terus mengasah keahlian dan profesionalisme, sehingga dapat mencetak siswa-siswi Jawa Barat yang agamis dan cerdas.”Fungsi guru madrasah ini sangat strategis dalam mewujudkan visi Jabar Juara Lahir Batin,” harapnya.

Ketua DPW PGM Jabar Heri Purnama mengatakan, salah satu tujuan digelarnya FGD dan Rakor adalah untuk menyelaraskan program PGM Jawa Barat dengan Pemdaprov. Dia pun menyatakan, pihaknya siap berkolaborasi dalam program-program keumatan Pemdaprov Jabar.

“Kami sedang menyinergikan program kami dengan program Pemda Provinsi Jabar, teknisnya sedang dibahas, intinya tentu kami siap berkolaborasi,” singkatnya. (jun)

 

Berita Terkait