Pertama di 2020, Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK

Bupati-Sidoarjo-Saiful-Ilah
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Dia diduga kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK karena kasus pengadaan barang dan jasa. (Dite Surendra/JawaPos)

SIDOARJO – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) perdana di tahun 2020. Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah diamankan dalam operasi tersebut.

Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengonfirmasi KPK telah mengamankan seorang kepala daerah di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Diduga, OTT ini terkait dengan pengadan barang dan jasa. Namun belum diketahui proyek atau pengadan yang dimaksud. “OTT pengadan barang dan jasa,” kata Ali, melalui pesan singkat, seperti dikutip Jawapos.com, Rabu dini hari (8/1/2020).

Ketua KPK, Firli Bahuri juga belum bersedia memberikan keterangan rinci terkait dengan OTT ini. “Besok kita jelaskan ya,” ucap dia.

Di era KPK yang baru, ini adalah OTT perdana. Terutama setelah UU KPK yang baru diberlakukan pada 17 Oktober 2019. OTT ini sekaligus mengawali penindakan KPK di tahun 2020.

Seperti diketahui, dengan adanya revisi UU yang baru, KPK kini memiliki dewan pengawas. Mereka diantaranya adalah Tumpak Hatorangan Panggabean, Artidjo Alkostar, Albertina Ho, Harjono, dan Syamsuddin Haris. (yud)

Berita Terkait