Percepat Lelang Proyek TA 2020

BICARA: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berbicara di hadapan wartawan mengenai pelaksanaan pembangunan daerah tahun 2020.FOTO: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Pemprov Jabar

BANDUNG – Guna melancarkan pelaksanaan pembangunan di Jawa Barat, rencananya proses lelang untuk pembangunan pada 2020 akan dilakukan tahun ini. Menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, hal tersebut dilatarbelakangi oleh proses lelang yang seringkali memakan waktu panjang karena melibatkan partisipasi pihak swasta.

“Lelang akan dilakukan satu tahun sebelum pembangunan. Nanti kita melibatkan bimbingan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan persetujuan dari DPRD Provinsi Jawa Barat. Sehingga awal tahun sudah ada yang bisa dikerjakan, tidak lagi selalu di akhir tahun-akhir tahun,” tuturnya, kemarin (30/9) di Gedung Sate Bandung.

Emil –sapaannya- mengatakan, tingkat inflasi akan berbanding lurus dengan kebijakan pemerintah. Jika pembangunan dilakukan pada akhir tahun, dinamika ekonomi masyarakat bakal terdampak.

“Karena teorinya, inflasi berbanding lurus dengan keputusan pemerintah. Jadi, kalau lelangnya terlalu mepet semua di akhir tahun, maka swasta juga ikut dinamika ekonominya di akhir tahun,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, apabila pembangunan digenjot pada akhir tahun, maka tingkat pertumbuhan ekonomi pada awal tahun akan lesu. Maka, Pemdaprov Jabar akan memperbaiki prosedur pembangunan supaya dapat berjalan pada awal tahun.

“Kalau terlalu dibikin kaget di akhir tahun, maka kita akan lambat pertumbuhannya di sembilan bulan pertama. Baru dikagetkan di tiga bulan terakhir. Itu yang akan kita perbaiki,” pungkasnya. (jun)

 

Berita Terkait