Penataan Kampung Panjunan Digarap Tahun Ini

ILUSTRASI

CIREBON-Kawasan kumuh di Kota Cirebon, sebentar lagi akan dilakukan penataan. Beberapa kawasan akan tersentuh program ini, seperti Kelurahan Panjunan, Pekalangan dan Jagasatru.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kota Cirebon M Arif Kurniawan ST mengatakan, untuk penataan kawasan tersbeut yang dibebankan ke Kota Cirebon melalui APBD adalah penertiban sempadan saja. “Untuk konsep detilnya ada di DPRKP,” kata Arif.

Sementara dihubungi terpisah, Kabid Kawasan Permukiman DPRKP Khaerul Bahtiar menambahkan, penataan kawasan kumuh di Kelurahan Panjunan ini dianggarkan di APBN Tahun 2020 ini. Pihaknya baru melakukan sosialisasi penataan kepada masyarakat disekitar kawasan tersebut. “Ini masuk program nasional yang menjadi prioritas. Target pelaksanaannya tahun ini,” jelasnya.

Ditanyakan detil konsep penataannya, Khairul belum bisa mengungkapkannya. Pasalnya, karena ini program pemerintah pusat, pihaknya belum berani mempublikasikan konsep apa yang akan diterapkan pada kawasan kumuh tersebut. “Yang pasti, program ini tidak semua kota dan kabupaten mendapatkannya. Beruntung Kota dan Kabupaten Cirebon dipercaya oleh pemerintah pusat,” tegasnya. (gus)

Berita Terkait