Pemprov Kucurkan Rp174 M Untuk Kabupaten Cirebon

RESES PERTAMA: Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj Yuningsih MM memastikan akan mengawal dan memastikan seluruh alokasi anggaran Pemprov Jabar untuk Kabupaten Cirebon agar terserap secara maksimal. FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON – Pemprov Jabar mengalokasikan anggaran sebesar Rp174 miliar untuk mendukung pembangunan dan pengembangan potensi Kabupaten Cirebon di tahun anggaran 2020.

Hal tersebut disampaikan legislator PKB dari Dapil Jabar XII, Hj Yuningsih MM saat ditemui Radar Cirebon, kemarin (5/12). Menurutnya, alokasi anggaran yang disetujui di APBD Jabar tersebut, lebih kecil Rp9 miliar dari angka di KUA/PPS.

“Angkanya terkoreksi 9 miliar. Dari awalnya di KUAPPS sebesar 183 miliar saat disahkan menjadi 174 miliar,” ujarnya, kemarin.

Menurut Yuningsih, dari alokasi anggaran tersebut, paling besar terserap untul kegiatan infrastruktur. Dari mulai infrastruktur jalan, irigasi dan lainnya. “Paling besar memang untuk infrastrukur. Untuk kegiatan fisik,” imbuhnya.

Dijelaskannya, salah satu yang menjadi prioritas dalam porsi anggaran 2020 nanti, adanya prioritas pemprov untuk melakukan revitalisasi Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Gebang sebesar Rp29 miliar.

“PPI Gebang bakal mulai digarap 2020 dengan anggaran awal 29 miliar. Anggaran ini sudah disahkan dan akan kita kawal sampai ke relisasinya,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu peserta reses, Khaerudin menuturkan, warga di Kabupaten Cirebon sangat berharap pemprov dapat membantu penanganan sampah yang selama ini sulit ditangani dan dikelola Pemkab Cirebon.

“Kalau kami warga yang paling terasa itu dampak dari tidak terkelolanya sampah di Kabupaten Cirebon. Siapa tahu lewat reses ini, pemprov terpanggil dan ikut membantu pemkab dalam menangani sampah di Kabupaten Cirebon,” ungkapnya. (dri)

Berita Terkait