Pemprov Jabar Anggarkan Rp29 M Untuk Revitalisasi PPI dan Pantai Baro Gebang

REVITALISASI: Pemprov Jabar akan merevitalisasi PPI Gebang dengan anggaran Rp29 miliar untuk tahap pertama pengembangan kawasan tersebut.FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON– Pemprov Jabar mengalokasikan anggaran untuk revitalisasi tahap pertama PPI Gebang sekitar Rp29 miliar. Alokasi anggaran tersebut, nantinya tidak hanya digunakan untuk pengembangan PPI, namun sebagian anggaran akan dimanfaatkan untuk pengembangan wisata Pantai Baro Gebang.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi II DPRD Jabar, Hj Yuningsih MM saat ditemui Radar Cirebon, kemarin (10/12). Menurutnya, setelah ditarik oleh provinsi, keberadaan PPI Gebang diharapkan lebih optimal dan membawa dampak positif, baik bagi masyarakat Cirebon, khususnya para nelayan Gebang.

“Sudah disahkan ploting anggaran untuk revitalisasi PPI. Anggarannya sekitar 29 miliar. Nanti tidak hanya untuk infrastruktur PPI, tapi ada juga untuk pengembangan wisata Pantai Baro Gebang,” ujarnya.

Menurut Yuningsih, daya tarik PPI Gebang sudah menjadi magnet tersendiri untuk masyarakat Kabupaten Cirebon. Bahkan, PPI Gebang dengan fasilitas seadanya saja pun, saat ini menjadi lokasi wisata primadona yang ramai dikunjungi setiap hari.

“Kita menangkap potensi ini sudah lama sekali. Bahwa PPI Gebang memang sangat bisa dijadikan lokasi wisata yang datang setiap hari ke PPI Gebang banyak sekali. Bahkan jumlahnya berlipat kalau akhir pekan,” imbuhnya.

Ditambahkannya, apa yang dilakukan Pemprov Jabar, saat ini harus didukung semua pihak, terutama oleh Pemkab Cirebon dan masyarakat Gebang. Hal ini penting agar apa yang diwacanakan bisa teraplikasi dengan baik.

“Harapan saya, antara upaya revitalisasi PPI Gebang tersebut, pembangunan jalan lingkar juga bisa dikebut dan kembali dilaksanakan untuk tahun depan dan bisa cepat selesai. Keberadaan jalan lingkar ini akan punya daya dukung vital untuk PPI Gebang,” jelasnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Gebang Mekar, H Dade Mustofa Effendi kepada Radar Cirebon mengatakan, informasi rencana pengambangan PPI Gebang sudah diketahui masyarakat. Termasuk rencana pengembangan sebagian kawasan PPI Gebang untuk wisata. “Informasinya sudah saya dengar. Selain PPI, nanti juga ada pengembangan wisatanya,” ungkapnya. (dri)

Berita Terkait