Pemkab Majalengka Anggarkan Rp 1,4 M untuk Ekonomi Kreatif

MAJALENGKA-KREATIF
PRESTASI: Bupati Majalengka menunjukkan plakat Kabupaten Kreatif, di depan stan KabupatenMajalengka di malam penghargaan Kota/Kabupaten Kreatif 2019. FOTO: ISTIMEWA/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten Majalengka kembali menerima penghargaan skala nasional. Prestasi kali ini yakni sebagai Kabupaten Kreatif Subsektor Seni Pertunjukan. Penghargaan diterima langsung Bupati Majalengka Karna Sobahi dari Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, di Benteng Vastenburg Solo, Sabtu (5/10).

Majalengka sendiri merupakan satu dari 10 Kabupaten dan Kota (KaTa) Kreatif tahun 2019. Majalengka sejajar dengan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Rembang, Kabupaten Gianyar, Kota Palembang, Kota Surakarta, Kota Semarang, Kota Denpasar, Kota Balikpapan, dan Kota Malang.

Penghargaan tersebut diterima bupati dalam rangkaian Bekraf Festival ke-3 tahun 2019. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Majalengka menyampaikan presentasi terkait tiga hal dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Majalengka khususnya di bidang seni pertunjukan untuk jangka pendek antara Juni sampai Desember 2019.

Bupati menjelaskan, langkah-langkah yang dilakukan di antaranya aktivasi, kolaborasi, dan sinergi. Aktivasi diimplementasikan dalam penyusunan roadmap ekonomi kreatif, yang diintegrasikan dalam rencana strategis dan rencana kerja perangkat daerah.

Selain itu, dengan menerbitkan surat edaran desa tematik kreatif dan menerbitkan keputusan komite ekonomi kreatif. Pemkab juga berupaya mewujudkan city branding Exotic Majalengka Sundaland.

“Selain itu mewujudkan kolaborasi, yang menitikberatkan kerja sama membangun event-event seni pertunjukan menjadi wonderful event. Baik bersama bekraf, komunitas, dan menggandeng jaringan internasional,” terang bupati.

Terkait sinergi, Pemkab Majalengka dalam APBD Perubahan 2019 juga mengalokasikan anggaran Rp1,4 miliar untuk stimulan bagi kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif khususnya untuk seni pertunjukan.

Beberapa event yang didorong sebagai highlight event di antaranya Festival Tanah Air, pameran ICCB, Festival Majalengka Youth Creation, Festival Edelweiss, dan persiapan peringatan Majalengka-Polandia ke-65 melalui kerja sama Majalengka-Magdalenka. (iim)

Berita Terkait