Pemdes Kroya Beri Pelatihan Pelaku UMKM

PEMBINAAN: Para pelaku usaha di Desa Kroya saat mengikuti pelatihan dan pembinaan manajemen UMKM, belum lama ini. FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU
PEMBINAAN: Para pelaku usaha di Desa Kroya saat mengikuti pelatihan dan pembinaan manajemen UMKM, belum lama ini.FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Pemerintah Desa Kroya Kecamatan Kroya menggelar pelatihan dan pembinaan manajemen bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Upaya ini diperlukan guna meningkatkan SDM berdaya saing sebagai salah satu modal dasar mengembangkan usaha.

Camat Kroya Haryono SH mengatakan, dengan kegiatan pelatihan ini diharapkan UMKM bisa tumbuh dan dapat mengembangkan usahanya dalam menopang perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan.

Dalam acara pelatihan yang dihadiri Kasi PMD Salim SE dan Kuwu Desa Kroya Emo Rasmana, Camat Haryono memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM untuk dapat membaca atau memanfaatkan momen yang sedang tren sebagai peluang usaha.

“Kita jangan memaksakan suatu usaha yang sudah tidak relevan dengan lingkungan atau pasar. Tapi pilih yang berprospek dan konsumen memang sangat membutuhkannya,” terangnya.

Dia juga meminta kepada para pelaku UMKM untuk memanfaatkan pinjaman modal usaha dari lembaga lembaga perbankan yang diakui secara hukum oleh pemerintah.

Bila ada syarat administrasi yang dibutuhkan dan itu terkait dengan kewenangannya sebagai camat, pihaknya siap membantu.

Sementara itu, Kuwu Emo Rasmana menambahkan, pelatihan manajerial bagi para pelaku UMKM ini bertujuan meningkatkan dan memperluas jaringan wawasan, permodalan dan segmen pasar produk UMKM yang ada di desanya.

Sehingga, produk para pelaku usaha di desanya dapat diterima dengan pasar. “Termasuk kami juga memberikan pembekalan bagaimana melakukan pemasaran produk dan akses permodalan,” ujarnya. (kho)

Berita Terkait